Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Facebook Luncurkan Layanan Jual Beli Online di Indonesia

1 September 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Facebook Luncurkan Layanan Jual Beli Online di Indonesia

Facebook Shops di aplikasi Instagram. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Jual beli online telah menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat. Peluang ini ditangkap oleh Facebook dengan meluncurkan layanan Shops untuk pengguna di Indonesia. Layanan ini untuk memudahkan transaksi jual-beli yang terjadi di platform Facebook dan Instagram.

“Bagaimana agar orang bisa jual-beli produk dengan mudah dan aman,” kata pimpinan Facebook Indonesia, Pieter Lydian, dalam acara peluncuran secara virtual, Selasa (1/9/2020).

Facebook Shops akan diberikan kepada toko online yang memiliki akun di Facebook dan Instagram, sebelum memberikan akses Shops, tim Facebook akan memverifikasi terlebih dulu informasi mengenai toko tersebut.

Pieter mengatakan Facebook Shops merupakan cara mereka untuk membantu bisnis yang berada di jejaring sosial itu untuk memasarkan produk secara lintas platform.

Selama ini, pelaku usaha di Indonesia seringkali memanfaatkan Instagram sebagai etalase toko, kemudian, kesepakatan transaksi akan dilakukan di media sosial Facebook.

Baca juga :   Instagram Sedia Fitur Penangkal Perundungan

Facebook akan meminta toko untuk mengirimkan tautan ke laman resmi, kemudian menguji keabsahan situs tersebut. “Transaksi jual-beli, termasuk pembayaran, akan terjadi di luar platform Facebook. Transaksi tidak terjadi di platform Facebook atau Instagram,” ujar Pieter.

Manfaat dari layanan ini mendapat dukungan dari para pelaku bisnis. Salah satunya adalah brand Mukena Tazbiya yang mengalihkan bisnis ke online menjadi strategi jitu untuk menghadapi lesunya penjualan secara offline akibat dampak pandemi COVID-19.

Menurut Ferdi Ali Warga CEO Tazbiya, bukan hanya keuntungan bisnis dan perluasan pasar yang diraih, penjualan melalui online juga membantu Mukena Tazbiya untuk mendapatkan data-data konsumen seperti rentang usia, domisili dan produk apa yang dibeli oleh mereka. Data ini sangat membantu Mukena Tazbiya untuk memetakan produk dan menentukan produksi mukena menurut preferensi kelompok pembeli tersebut. 

Baca juga :   700 Juta Orang Berinteraksi Dengan Konten Facebook Gaming

“Penjualan melalui toko memang menurun, tetapi penjualan secara online tetap ramai. Saat ini, sekitar 70% penjualan produk Mukena Tazbiya dijual secara online. Kami memanfaatkan penjualan di Facebook dan Instagram karena saat ini para konsumen memang berada di online dan kami harus hadir di mana konsumen itu berada,” ujar Ferdi Ali Warga, CEO Tazbiya.  

Senada dengan Mukena Tazbiya, ID Photobook juga mengandalkan kekuatan online dalam mempromosikan dan menjual produk mereka. Usaha cetak foto unik ini melakukan promosi produk melalui Facebook dan Instagram untuk meraih lebih banyak konsumen. Kini, ID Photobook dapat menerima hingga 1.000 pesanan sehari dari seluruh penjuru tanah air. Bahkan dengan bantuan iklan Facebook dan Instagram, ID Photobook juga berhasil menjangkau pelanggan yang berasal dari negara luar Indonesia seperti Malaysia, Singapura, Thailand hingga Australia. 

Baca juga :   Facebook-YCAB Kembali Adakan Literasi Digital

“Seluruh proses komunikasi dan jual-beli terjadi di atas lintas platform: Facebook, Instagram dan WhatsApp. Kehadiran kami di Facebook dan Instagram memudahkan para konsumen yang hendak membeli jasa kami karena seluruh informasi kami hadirkan di sana. Untuk kepentingan customer service, kami juga menggunakan aplikasi WhatsApp. Penggunaan lintas platform aplikasi-aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp telah membantu bisnis kami mengalami peningkatan penjualan di masa-masa sekarang ini,” ujar Rowdy Fatha, CEO ID Photobook.

STEVY WIDIA

Tags: Facebookfacebook shopsinstagramjual beli onlineShops
Previous Post

Ciptakan Peluang Wirausaha Digital Lewat Kelas Belajar Podcast Siberkreasi

Next Post

Menilik Perkembangan Investor Startup di Tengah Pandemi

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
YouTube Perluas Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia
News

YouTube dan Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Indonesia

29 Agustus 2025
0
Instagram Reels
News

Instagram Rilis Fitur Link di Reels, Memungkinan Kreator Punya Serangkaian Video

26 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Virtual Startup Hunt Buka Kesempatan Startup Luar Jakarta

Menilik Perkembangan Investor Startup di Tengah Pandemi

Toss-GCB : Jadikan Sampah Di Sungai Sumber Energi

Lewat Metode TOSS, Ubah Sampah Jadi Bahan Baku Energi

Masker Karya Perancang Indonesia Dikenakan Lady Gaga di VMA 2020

Masker Karya Perancang Indonesia Dikenakan Lady Gaga di VMA 2020

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version