youngster.id - Flick, perusahaan rintisan di bidang ekosistem keuangan digital fokus digitalisasi UMKM dengan sistem contactless dine-in melalui QR code, hingga pebisnis online shop di Instagram berbasis integrated link. Yang terbaru aplikasi ini memperkenalkan inovasi layanan ekosistem keuangan digital terintegrasi melalui aplikasi unggulannya, yakni FlickSilvi, FlickSilvi+, dan FlickMerchant.
CEO Flick Thalla Hirasazari mengatakan, keunggulan yang ditawarkan FlickSilvi dan FlickSilvi+ bagi mitra adalah kemudahan mencatat transaksi penjualan, alert system stok bahan baku, dan data analisis penjualan untuk mencegah food waste bagi industri makanan.
“Selain itu, di FlickSilvi dan FlickSilvi+, ada data yang bisa diserap, seperti data penjualan harian, range usia, hingga area domisili pelanggan, untuk dijadikan analisis data penjualan yang efektif dan terukur,” jelas Thalla, dalam keterangannya, Selasa (29/12/2020).
Langkah pengenalan tersebut dilakukan Flick sebagai upaya memitigasi penularan Covid-19 melalui pemanfaatan teknologi di masa new normal di tengah pandemi Covid-19 yang belum berlalu. Di masa pandemi Covid-19, berbagai lini industri didorong untuk lebih cepat beradaptasi dengan dunia digital, termasuk bisnis restoran.
Sebelumnya, pesan makanan di restoran dapat dilakukan secara manual, yaitu kontak fisik dengan pelayan dan buku menu. Namun, hal itu menjadi tidak relevan dengan kondisi sekarang, di mana protokol kesehatan 3M harus disiplin dilakukan. Teknologi digital pun dapat menjadi solusi semua pihak untuk menjalankan disiplin protokol kesehatan, salah satunya dengan meminimalisasi kontak fisik antara pelayan dan pengunjung restoran.
Diperuntukkan bagi mitra, baik FlickSilvi maupun FlickSilvi+ sama-sama mengusung teknologi smart cashier mobile untuk kemudahan mitra. FlickSilvi dirancang untuk UMKM, seperti warung kelontong, atau warteg, agar lebih terdigitalisasi dan cashless.
Sedangkan FlickSilvi+ menyasar market restoran maupun kedai kopi dalam memproses pesanan dari pelanggan dine-in. Dengan sistem table QR yang praktis, pelanggan yang datang ke restoran mitra hanya perlu memindai QR code dan memilih makanan melalui tampilan menu digital di smartphone tanpa perlu memanggil pelayan, atau beranjak dari kursi.
FlickSilvi+ akan menerima pesanan tersebut, kemudian diteruskan ke dapur dengan sistem role management untuk memproses pesanan hingga sampai ke meja pelanggan. Sistem yang terintegrasi juga memungkinkan pelanggan untuk membayar pesanan melalui fitur FlickPay. Saat ini, Flick juga sudah menjalin kerja sama dengan jasa kurir SiCepat, Mr Speedy, AnterAja, dan tengah menjajaki kerja sama dengan Grab sebagai alternatif pilihan pengiriman.
STEVY WIDIA
Discussion about this post