Rabu, 3 Maret 2021
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Flou, Solusi Cloud Bagi Pelaku Usaha Digital Dari TelkomSigma

23 Januari 2021
in News
Reading Time: 2min read
0
Flou, Solusi Cloud Bagi Pelaku Usaha Digital Dari TelkomSigma

Telkomsigma meluncurkan Flou. (Foto: istimewa)

Pasar cloud semakin meningkat setiap tahunnya dan saat ini diperkirakan berada di kisaran Rp11 triliun. Pertumbuhan yang menjanjikan mendorong TelkomSigma menghadirkan produk cloud bernama Flou. Produk ini menjadi solusi bagi kebutuhan para pelaku usaha di era digital yang cepat berubah.

Direktur Business & Cloud TelkomSigma Tanto Suratno mengestimasi pasar cloud Indonesia meroket hingga Rp24 triliun di 2021. Solusi cloud hadir untuk mendisrupsi dan mengakselerasi transformasi digital.

“Dengan situasi pandemi saat ini, pelaku usaha dituntut untuk beradaptasi cepat terhadap perubahan. Ke depan, kita bakal melihat ada gelombang disrupsi yang lebih besar dan dahsyat, yakni cloud native computing,” papar Tanto dalam keterangannya baru-baru ini.

Ada beberapa elemen yang difokuskan pada Flou, antara lain customer experience, reliability, dan kecepatan. Flou mengutamakan pengalaman yang seamless dengan sistem pembayaran yang fleksibel (pay-as-you go dan subscription). Kemudian, Flou juga menghadirkan kecepatan lewat agile deployment (API ready) dengan performa tinggi untuk segala sektor industri.

Semua elemen tersebut diprioritaskan untuk mendorong konsep cloud native mindset sebagaimana disebutkan Tanto di atas. Menurutnya, struktur traditional monolithic apps yang banyak digunakan pelaku usaha dinilai tidak mampu lagi mengejar dinamika pasar yang cepat berubah. Artinya, konsep ini dapat menghambat upaya untuk bertransformasi digital.

“Lewat Flou, kami ingin bawa konsep cloud native apps untuk memunculkan paradigma baru dan memberikan agility dalam mendukung pembuatan aplikasi, inovasi, dan ide secara cepat. Saat ini semakin banyak generasi terkini yang lahir di era yang akrab atau di mana resource-nya ada di cloud. Mereka ini yang disebut cloud native mindset,” papar Tanto.

Ia menilai mindset tersebut dapat dibangkitkan melalui fitur dan tools yang disediakan Flou. Salah satunya adalah merealisasikan ide menjadi MVP lebih cepat. “Kalaupun ide ini masuk produksi, elasticity bisa lebih besar. Pada tahap ini, pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana scale dan resiliency-nya,” tambahnya.

Kendati demikian, Tanto menegaskan bahwa Flou tidak hanya mengakomodasi kebutuhan segmen pasar yang sudah terbiasa menggunakan cloud, tetapi juga pengguna baru secara seamless, baik UKM dan perusahaan berskala besar.

Sementara dari sisi harga, ia mengklaim bahwa solusi Flou mampu meminimalkan biaya operasional. Ia menyadari bahwa umumnya meningkatnya basis pengguna UKM dapat berdampak terhadap kenaikan biaya sewa cloud dan connevtivity.

“Kami memahami bahwa dinamika pasar yang cepat berubah menjadi tantangan bagi pelaku usaha. Karena mereka dituntut untuk agile, kami mengatur pricing sedemikian rupa supaya pelaku usaha dapat menjaga biaya operasional dan tetap tumbuh menikmati profit. Dengan begitu, mereka bisa mengembangkan bisnis dan inovasi ke depan,” tambahnya.

Saat ini, TelkomSigma mengklaim telah menguasai sebesar 40% pangsa pasar data center dengan total akumulasi seluas 11 ribu meter persegi, kapasitas penyimpanan hingga 41 ribu Terabyte (TB), dan lokasi tersebar di sebanyak 16 titik di seluruh Indonesia. Telkom menjamin cakupan Flou yang lebih luas dengan dukungan fasilitas data center dan konektivitas yang dimilikinya.

 

STEVY WIDIA

Tags: cloudFlouTelkomsigmatransformasi digital

Berita Terbaru

HappyFresh Gelar Hari Grocery Online Nasional 2020

OVO Kolaborasi dengan HappyFresh Dukung Pengguna Berbelanja dari Rumah Saja

3 Maret 2021
0
SEED Award 2021, Penghargaan Untuk Wirausaha Berdampak Positif Terhadap Lingkungan

SEED Award 2021, Penghargaan Untuk Wirausaha Berdampak Positif Terhadap Lingkungan

3 Maret 2021
0
Sinergi Telkom dan BPH Migas Hadirkan Digitalisasi di Sektor Hilir Untuk Pengawasan Distribusi BBM dan Gas Bumi

Sinergi Telkom dan BPH Migas Hadirkan Digitalisasi di Sektor Hilir Untuk Pengawasan Distribusi BBM dan Gas Bumi

3 Maret 2021
0
Jovee, Aplikasi Edukasi Gaya Hidup Sehat

Layanan Kesehatan Digital Meningkat Tajam di Tengah Pandemi

3 Maret 2021
0
Telkomsel Gandeng ShopeePay Untuk Dukung Rekreasi Digital

Meski “Anak Baru” ShopeePay Pimpin Pertumbuhan Dompet Digital Q1 2021

3 Maret 2021
0
Sebar Semangat Positif Bagi Generasi Muda, Blibli Gandeng Visinema Luncurkan Web Series

Sebar Semangat Positif Bagi Generasi Muda, Blibli Gandeng Visinema Luncurkan Web Series

3 Maret 2021
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
© 2016 - 2021 youngster.id
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

© 2020 Youngster.id

Add youngster.id to your Homescreen!

Add