GoFood Festival Hadir di Banjarmasin

(ki-ka) VP Corporate Affairs for Food Gojek Rosel Lavina, Pemilik Merchant GoFood Festival Mr' Crispy BDJ Nico Dalmas Priyantono, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, VP Regional Gojek Indonesia Timur Anandita Danaatmadja meresmikan GoFood Festival Banjarmasin. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - GoFood Festival, jaringan pujasera UMKM dari Gojek hadir di Banjarmasin. Menggandeng 18 merchant ajang ini menawarkan produk kuliner lokal terbaik.

VP Regional Gojek Indonesia Timur, Anandita Danaatmadja mengungkapkan, perkembangan usaha mikro kecil dan menengah bidang kuliner di Banjarmasin yang terus bertumbuh. Tercatat lebih dari 5.500 usaha kuliner di Banjarmasin yang bergabung di aplikasi layanan pesan-antar makanan GoFood. Bahkan, Banjarmasin termasuk salah satu kota dengan pertumbuhan merchant yang positif di Kalimantan.

“Untuk membantu mitra UMKM memperluas bisnis, GoFood kemudian menginisiasi GoFood Festival yang sekaligus merupakan upaya mempromosikan ragam kuliner lokal terbaik. Data internal kami memperlihatkan hasil yang cukup signifikan, mitra merchant UMKM di GoFood Festival berhasil meningkatkan omzet penghasilan hingga 2 kali lipat. Inilah yang mendasari terus meluasnya lokasi GoFood Festival, termasuk di Banjarmasin,” ungkap Anandita dalam keterangannya, Senin (5/8/2019).

Menurut dia, keandalan teknologi GoFood, diakui oleh mitra merchant, merupakan salah satu alasan utama mitra UMKM bergabung. Hal ini ditegaskan oleh hasil penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), dimana pada tahun 2018, mitra UMKM GoFood berkontribusi Rp 18 triliun ke perekonomian Indonesia dari keseluruhan kontribusi mitra Gojek yang mencapai Rp 44,2 triliun. Teknologi Gojek juga dikatakan menjadi pintu masuk pertama UMKM ke ekonomi digital. Hasilnya, 93% mitra mengalami peningkatan volume transaksi setelah terhubung dengan jutaan pengguna aplikasi GoFood.

Baca juga :   FKB Tel-U Gelar Festival Foto dan Film Pendek Internasional

Selain kontribusi terhadap ekonomi daerah dan nasional, baru-baru ini GoFood Festival mencatat prestasi baru, yaitu mencetak rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai jaringan pujasera UMKM dengan lokasi terbanyak di Indonesia, bahkan dunia. Sebagai jaringan pujasera terbesar, GoFood Festival berkomitmen untuk memperluas akses pasar agar para mitra merchant yang tergabung dengan GoFood Festival dapat meningkatkan skala bisnisnya.

VP Corporate Affairs for Food Gojek, Rosel Lavina menuturkan, dengan dibukanya GoFood Festival di Duta Mall Banjarmasin, masyarakat memiliki alternatif lain untuk menikmati waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat.

“Selain bisa menikmati kuliner serba nikmat dalam satu tempat, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru bersama komunitas. Seluruh fasilitas di GoFood Festival dapat dimanfaatkan komunitas secara gratis,” ujarnya.

Langkah ini juga mendapat apresiasi dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Dia mengatakan, saat ini, Pemerintah Banjarmasin memiliki program untuk melahirkan wirausaha baru yang berbasis UMKM dan sudah tiga tahun berjalan program ini bisa memfasilitasi 2.017 UMKM.

“Saya berharap Gojek sebagai anak bangsa juga semakin maju, semakin berkembang menjadi yang terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Saya juga mengapresiasi Gojek yang baru saja ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi penggunaan plastik di Banjarmasin, semoga inisiatif positif seperti ini bisa terus dikembangkan,” ucapnya.

Baca juga :   ITS Raih 8 Penghargaan di Kompetisi Minyak dan Gas Internasional

GoFood Festival akan dibuka selama satu tahun kedepan di Duta Mall Banjarmasin di Kota Banjarmasin.

STEVY WIDIA