Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Gojek Investasi Untuk Warung India

13 Desember 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
Investor Gojek Dukung Nadiem Jadi Menteri

Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo Co-CEO Gojek. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Gojek investasi di startup digitalisasi warung di India, m.Paani. Startup tersebut mengumpulkan pendanaan seri A US$ 5,5 juta atau sekitar Rp 77,2 miliar. Startup itu berfokus mendigitalkan peritel lokal di India. Dengan begitu, perusahaan rintisan itu menghubungkan pemilik warung dengan konsumen secara online, serta mengakses data dan mendapat wawasan bisnis terkait retail.

Investasi ini dilakukan oleh co-CEO Kevin Aluwi dan Head of Merchant Ryu Suliawan. Selain kedua bos Gojek itu, ada beberapa investor yang terlibat dalam putaran pendanaan itu. Di antaranya modal ventura asal Turki AC Ventures, Henkel, Candy Ventures, Senior Advisor Bain and Company Suvir Varma, Chiratae Ventures, dan Blume Ventures.

Baca juga :   McDonald’s Indonesia Kembali Gelar Kompetisi Futsal Untuk Anak SD

“Kami melihat potensi besar bagi mereka untuk memberdayakan pengecer lokal di luar India,” kata Kevin dikutip dari Economic Times, Indiatimes.com baru-baru ini.

Kevin menilai, m.Paani memiliki pemahaman mendalam tentang pengecer lokal di India. Dengan begitu, menurut dia, produk dan strategi perusahaan semestinya berfokus pada penyelesaian masalah dan aspirasi penggunanya.

Perusahaan mengklaim, layanan mereka dapat mengefisiensikan dan mengefektifkan operasional bisnis pemilik warung. Saat ini, m.Paani menggaet lebih dari 50 ribu pengecer dan tujuh juta konsumen di platform-nya.

Dana segar dari investasi tersebut bakal digunakan untuk pengembangan produk, percepatan pertumbuhan dan perluasan cakupan m.Paani. Pendiri m.Paani Akanksha Hazari mengatakan, perusahaannya menjembatani kesenjangan teknologi untuk memastikan bahwa pengecer lokal India dapat bertahan di era digital.

Baca juga :   GrabKios Hadirkan Produk Baru, Termasuk Asuransi dan Pinjaman Dana

“Tetapi juga berkembang di era India 2.0. Masa depan ritel India adalah, dan harus, lokal,” kata dia. Apalagi, ia mencatat ada lebih dari 10 juta toko kelontong yang disebut Kirana di India. Mereka berkontribusi lebih dari 85% terhadap penjualan ritel di negara tersebut. Sedangkan ritel modern dan online atau e-commerce hanya menyumbang 10-15%. Dari hasil riset internal, sekitar 86% masyarakat India berbelanja melalui Kirana yang hanya berjarak tiga hingga empat kilometer dari rumah.

Akanksha mengklaim, konsep bisnis startup-nya menghasilkan monetisasi melalui pelanggan pengecer. Ia juga mengklaim, layanannya berhasil mendorong pertumbuhan bisnis lebih dari 25% bagi mitra ritel. Tidak heran, jika perusahaan besar seperti Hindustan Unilever berminat untuk kolaborasi lewat pemasaran berbasis data. Hindustan Unilever juga ingin terhubung dengan pembeli melalui aplikasi pengecer yang menjadi mitra m.Paani.

Baca juga :   Dengan Digitalisasi Warung Pintar Bantu Kurangi Risiko Operasional Warung Hingga US$50 Per Bulan

STEVY WIDIA

Tags: Gojek investasim.Paaniwarung
Previous Post

Carsome Dapat Pendanaan Seri C Sebesar US$50 Juta

Next Post

Perlu Sinergi Lintas Stakeholders Untuk Penguatan Pertanian Era Industri 4.0

Related Posts

Warung Pintar Kembali Raih Pendanaan US$4 Juta
Headline

Menilik Tantangan Bisnis Warung dan Peluang Solusi dari Pemimpin Pasar FMCG

11 Januari 2023
0
Warung Pintar dan Mitra Tokopedia Menginisiasi Gerakan Warung Nasional
Headline

2,5 Juta Warung Terkendala Penuhi Kebutuhan Dagang Secara Efisien

29 November 2022
0
Aksesmu
Headline

Warung Jadi Kontributor Signifikan Bagi Pertumbuhan Ekonomi Negara

26 September 2022
0
Load More
Next Post
Aplikasi Data Komoditas Pangan Dari KEIN-Telkom

Perlu Sinergi Lintas Stakeholders Untuk Penguatan Pertanian Era Industri 4.0

Blibli Terapkan Strategi “Gamification” untuk Gaet Pelanggan di Harbolnas 2019

Banyak Pelanggan Rela Begadang Sambut Harbolnas 12.12

Netflix Hadirkan Serial LINE Friends

Discussion about this post

Recent Updates

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version