Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Google Akan Izinkan Pengguna Nonaktifkan Pelacakan Iklan di Android

7 Juni 2021
in News
Reading Time: 1 min read
Google Sedia Perangkat Untuk Ubah Data Jadi GIF

Google. (Foto: ilustrasi/Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Google mengkonfirmasi pihaknya akan membuat perubahan privasi terkait personalisasi iklan di Android. Dengan demikian pengguna Android akan bisa memilih untuk mengaktifkan atau nonaktifkan pelacakan iklan.

Mengutip GSM Arena, Minggu (6/6/2021) mulai dari Android 12, pengembang tidak akan lagi dapat mengakses Advertising ID/ ID Iklan milik pengguna. Jika diminta, hasilnya adalah zero strings.

Sekadar informasi, saat ini perangkat Android memiliki opsi “nonaktifkan personalisasi iklan”. Opsi ini dapat ditemukan di Pengaturan > Google > Iklan.

Aplikasi dapat meminta ID iklan, melewati opsi pengguna karena dipakai untuk tujuan analitik lainnya.

Dengan adanya update Android 12 yang baru, nantinya Google akan menawarkan metode alternatif untuk analitik dan pencegahan penipuan yang tidak menggunakan ID iklan.

Aplikasi juga tidak akan dapat mengumpulkan ID Iklan jika pengguna telah memilih menonaktifkannya.

Baca juga :   Menengok Investasi Besar yang Dibenamkan Perusahaan Raksasa Bidang IT untuk AI

“Mulai akhir 2021, ketika pengguna menonaktifkan personalisasi iklan berdasarkan ketertarikannya, pengenal iklan tidak akan tersedia. Pengiklan akan mendapat string nol untuk identifikasi,” kata Google.

Menurut Google, perubahan ID iklan berlaku pada perangkat yang menjalankan Android 12 (mulai akhir 2021) dan pada awal 2022 untuk semua perangkat yang mendukung Layanan Google Play.

Dengan update ini, pengembang aplikasi harus meminta persetujuan pengguna jika ingin melacak informasi milik pengguna, demi iklan yang dipersonalisasi. Pengguna juga memiliki kontrol privasi dan transparansi yang lebih terkait kegiatan pengumpulan data oleh pengembang.

 

STEVY WIDIA

Tags: Googleiklanpersonalisasi iklan
Previous Post

Raih Pendanaan Praseri A GoKampus Perluas Kemitraan Universitas

Next Post

Visa Suntik Dana Untuk Startup LoginID

Related Posts

Google Kini Punya Fitur Terjemahan Berkelanjutan di Circle to Search
News

Google Kini Punya Fitur Terjemahan Berkelanjutan di Circle to Search

6 September 2025
0
google play
News

Google Segera Perketat Aturan Distribusi Aplikasi Android

28 Agustus 2025
0
Google Mail
News

2,5 Miliar Pengguna Gmail Jadi Sasaran Serangan Kejahatan Phishing

26 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Visa Suntik Dana Untuk Startup LoginID

Visa Suntik Dana Untuk Startup LoginID

20 Pelajar Indonesia Raih Beasiswa Apple WWDC Sholarship 2021

20 Pelajar Indonesia Raih Beasiswa Apple WWDC Sholarship 2021

Kopi Indonesia Hadir Di Ajang World of Coffee Expo Dublin 2016

Industri Kopi Diminta Jadi Tulang Punggung Penggerak Ekonomi

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version