Google Maps Akan Luncurkan Fitur “Location Sharing”

Dalam waktu dekat para pengguna Android dan iOS akan dapat menikmati layanan berbagi lokasi di Google Maps secara real-time (Foto: Google/Youngsters.id)

youngster.id - Dalam waktu dekat para pengguna ponsel berbasis Android dan iOS akan dapat menikmati layanan baru dari Google Maps, yaitu fitur “Location Sharing” (berbagi lokasi) secara real-time.

Dengan adanya fitur berbagi lokasi ini, maka para pengguna Android dan iOS akan dapat membagikan lokasi dimana Anda berada secara real-time kepada orang-orang terdekat. Lalu, mereka akan dengan mudah melihat lokasi Anda di Android, iPhone, mobile web, bahkan di desktop.

Bagaimana cara penggunaannya? Ketika ingin memberi tahu dimana Anda berada kepada seseorang, cukup buka pilihan menu yang terletak di samping atau ketuk lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukkan dimana Anda berada. Kemudian ketuk “Berbagi Lokasi” (Share location), lalu pilih orang yang akan Anda bagikan lokasi.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi dengan sangat mudah.

Ketika membagikan lokasi kepada orang yang telah dipilih, mereka dapat langsung melihat lokasi secara real-time di Google Maps. Bagaimana cara mengetahuinya? di layar akan tampil sebuah ikon di atas kompas yang akan mengingatkan bahwa Anda sedang aktif berbagi lokasi. Anda juga dapat mengatur kapan harus berhenti berbagi lokasi kapanpun, dengan semudah ketukan jari.

Baca juga :   IKEA Indonesia Raih Predikat Hubungan Pelanggan Terbaik

Selain itu, jika Anda sedang berada di perjalanan atau terlambat datang ke tempat tujuan, Anda dapat membagikan lokasi real-time dan trip progress. Selama perjalanan berikutnya, ketuk pilihan “Lainnya” (More) yang berada di bawah layar navigasi, dan kemudian pilih “Share Trip”. Saat Anda mengaktifkan fitur ini, orang yang Anda bagikan dapat melihat perkiraan kapan Anda akan tiba di lokasi. Mereka juga dapat memantau perjalanan Anda selagi berjalan ke destinasi tujuan hingga fitur ini akan berhenti secara otomatis.

 

FAHRUL ANWAR