Google Voice Kini Bisa Identifikasi Panggilan Spam

Spam

Spam.(Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Google meluncurkan fitur terbaru dalam layanan telepon dan kotak suara Google Voice. Fitur ini bisa mengidentifikasi panggilan masuk tidak dikenal dan diduga spam. Salah satu tujuannya untuk mencegah terjadinya tindak penipuan.

“Google membuat penilaian, apakah nomor tersebut termasuk spam atau bukan dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang mampu mengidentifikasi miliaran nomor spam setiap bulan di seluruh ekosistem panggilan Google,” tulis manajemen Google dalam blog resmi.

Entri panggilan masuk yang dilabeli sebagai “suspected spam caller” atau dicurigai panggilan spam akan dikelompokkan menjadi satu folder sendiri untuk mencegah nomor tersebut muncul lagi pada panggilan berikutnya. Pengguna masih dapat mengubahnya ketika Google keliru melabeli nomor tersebut sebagai spam.

Pengguna dapat menonaktifkan fitur ini secara manual pada pengaturan di aplikasi Google Voice dengan membuka Settings > Security > Filter Spam.

Layanan Voice sebelumnya telah memperoleh pemutakhiran yang memungkinkan otomatisasi pengalihan antara jaringan Wi-Fi dan data seluler demi mendapat kualitas koneksi terbaik. Fitur anyar tersebut dirilis secara global sejak 29 Desember 2022.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version