Selasa, 10 Juni 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Grab Investasi Rp 2 Triliun untuk Pengembangan AI

7 September 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Rute, Fitur Baru Grab Yang Terhubung dengan Transportasi Umum

Peluncuran konektivitas first mile-last mile bagi pelanggan MRT Jakarta dan Grab Indonesia. (Foto: grab/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan penyedia layanan on-demand, Grab berinvestasi US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,13 triliun untuk mengadopsi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Dengan mengimplementasikan teknologi, Grab ingin memperkuat tiga layanan di Asia Tenggara.

“Kami ingin beralih dari AI-powered menjadi AI dimanapun (layanan),” kata Co-Founder Grab Tan Hooi Ling Tan dalam wawancara khusus dengan reporter Bloomberg TV, Yoolim Lee dikutip dari Bloomberg, Jumat (5/9/2019).

Ketiga layanan itu adalah pesan-antar makanan atau GrabFood, pembayaran, dan konten digital. Selain untuk mengadopsi AI, dana tersebut bakal dipakai untuk merekrut lebih banyak engineer pada 2020. Saat ini, Grab memiliki 2 ribu engineer di seluruh dunia. Sebanyak 300 di antaranya bekerja terkait AI. Hal ini dilakukan untuk memperkuat bisnis Grab di Asia Tenggara.

Baca juga :   GrabFood Kini Merambah 139 Kota

Tan mengatakan, perusahaannya sudah menyiapkan kerangka kerja (blue print) untuk bersaing dengan Gojek di regional. Decacorn asal Singapura ini pun sudah mengelontorkan dana US$ 100 juta untuk mengimplementasikan AI.

Saat ini, AI digunakan untuk meningkatkan pencegahan kecurangan (fraud) di platform dan memproses bahasa secara alami (natural language processing/NLP). Secara keseluruhan, Tan mengatakan bahwa perusahaan ingin membangun platform yang sesuai dengan konsumen di masing-masing wilayah. Grab pun bekerja sama dengan Microsoft Corp untuk mengembankan NLP.

Perusahaan optimistis, AS bakal meningkatkan pengguna di Asia Tenggara. Apalagi, konsumen di wilayah ini memiliki budaya yang berbeda. Grab pun ingin meningkatkan kesesuaian layanan dengan konsumen lokal, terkait GrabFood. Ia mencatat, transaksi pesan-antar makanan Grab di Asia Tenggara naik tiga kali lipat selama Semester I 2019. Perusahaan ingin menggandakan pertumbuhan ini pada periode yang sama tahun depan Adopsi AI juga sejalan dengan persiapan perusahaan dalam mengadopsi jaringan internet generasi kelima (5G). “Kami tidak hanya akan membangun AI untuk kepentingan AI,” katanya.

Baca juga :   Tim FKUI Raih Penghargaan APACPH Dari Jepang

Grab juga ingin membangun kantor pusat di DKI Jakarta, Indonesia, yang fokus menjadi pusat bisnis GrabFood. “Indonesia selalu menjadi pasar strategis bagi Grab. GrabFood menjadi sinyal pertumbuhan operasi kami di negara ini. Selain itu, kami ingin menggandakan tim talenta dan memperkuat R&D untuk mendukung operasi bisnis,” kata Demi Yu Kepala GrabFood Indonesia.

Layanan GrabFood pun meningkat dari 13 kota pada Januari 2018 menjadi 178 kota per Maret 2019. Volume pengirimannya jadi meningkat 10 kali lipat.

 

STEVY WIDIA

Tags: Artificial Intelligence (AI)GrabGrabFood Indonesia
Previous Post

Samsung A Series Lengkapi Performa Digital Live

Next Post

OJK Kembali Temukan 123 Fintech Ilegal

Related Posts

Pemerintah Susun Peta Jalan Kecerdasan Artifisial Nasional
Headline

Pemerintah Susun Peta Jalan Kecerdasan Artifisial Nasional

5 Juni 2025
0
Alibaba Cloud
News

Perkuat Peran di Indonesia Alibaba Cloud Kolaborasi dengan Perhutani

3 Juni 2025
0
Whale
Headline

Dapat Kucuran Dana Investasi US$60 Juta, Whale Siap Ekspansi Teknologi AI Secara Global

21 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Fintech

OJK Kembali Temukan 123 Fintech Ilegal

East Ventures Danai Startup Lifestyle The Fit Company

Fitco Bertransformasi Jadi Aplikasi Gaya Hidup

Gameloft dan ASUS Hadirkan Konten Eksklusif di ROG Phone II

Gameloft dan ASUS Hadirkan Konten Eksklusif di ROG Phone II

Discussion about this post

Recent Updates

Kadin Indonesia Ajak UMKM Solo Go Digital

Coursera Global Skills Report 2025: Indonesia Peringkat ke-47 Dunia, Fokus Kuasai GenAI

10 Juni 2025
startup Videfly

Dukung UMKM Produksi Konten Visual, Startup Videfly Luncurkan Fitur AI untuk Produksi Video Instan

10 Juni 2025
Pasar Kripto

Hingga April 2025, Transaksi Kripto Nasional Capai Rp35,61 Triliun

9 Juni 2025
Wajah Baru Indonesia Kaya, Perkaya Program Budaya Untuk Generasi Muda

Wajah Baru Indonesia Kaya, Perkaya Program Budaya Untuk Generasi Muda

7 Juni 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
MilikiRumah

Proptech MilikiRumah Galang Pendanaan Private Equity Senilai US$50 Juta

20 Mei 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Kadin Indonesia Ajak UMKM Solo Go Digital

Coursera Global Skills Report 2025: Indonesia Peringkat ke-47 Dunia, Fokus Kuasai GenAI

10 Juni 2025
startup Videfly

Dukung UMKM Produksi Konten Visual, Startup Videfly Luncurkan Fitur AI untuk Produksi Video Instan

10 Juni 2025
Pasar Kripto

Hingga April 2025, Transaksi Kripto Nasional Capai Rp35,61 Triliun

9 Juni 2025
Wajah Baru Indonesia Kaya, Perkaya Program Budaya Untuk Generasi Muda

Wajah Baru Indonesia Kaya, Perkaya Program Budaya Untuk Generasi Muda

7 Juni 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version