youngster.id - Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) mengharapkan ajang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang dimulai 12 – 14 Desember dapat makin menggairahkan bisnis e-commerce di Indonesia.
“Sebagai asosiasi kita melihat Harbolnas merupakan inisiatif yang bagus dari pelaku industri,” kata Ketua Umum idEA yang juga CEO Blanja.com Aulia E Marinto dalam siaran pers baru-baru ini.
Dia mengharapkan, dalam ajang ini pemilik e-commerce bisa menjaga kepercayaan pembeli agar transaksi eCommerce terus meningkat di tanah air. “Penawaran diskon boleh saja, asal bisa di-delivery dengan baik ke pembeli,” katanya.
Harbolnas 2016 diikuti lebih dari 200 eCommerce atau naik 35% dibandingkan tahun lalu. Temanya pada tahun ini adalah ”˜Indonesia Online”™. Sejumlah pemain yang ikut dalam kegiatan ini adalah Lazada, Zalora, elevenia, MatahariMall, Blibli, Bukalapak, Alfacart, ShopBack, Berrybenka, Orami, Blanja, Doku, Fabelio, Asmaraku, Shopee, Popbox, SALON by Houzcall.
Dari sisi perbankan dan payment gateway pada tahun ini, Harbolnas juga didukung oleh BCA, dan Midtrans sebagai sponsor utama. Melalui Harbolnas 2016, diharapkan para peserta dapat turut berkontribusi dalam perkembangan industri melalui sejumlah inisiatif kemitraan dengan industri lain mulai dari perbankan, jasa pembayaran, jasa logistik, hingga provider telekomunikasi. Hal ini juga diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam memajukan industri eCommerce di tanah air.
STEVY WIDIA