youngster.id - Indonesia menempati peringkat pertama sebagai pengguna TikTok terbanyak di dunia. Berdasarkan data yang diungkap oleh Statista pada Agustus 2024, Indonesia memiliki 157,6 juta pengguna TikTok. Amerika Serikat menempati peringkat kedua dengan 120,5 juta pengguna, dan di peringkat ketiga ada Brasil dengan 105,3 juta pengguna TikTok.
TikTok dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di Beijing, bersama dengan aplikasi video pendek Douyin (versi TikTok untuk pasar China), platform video Xigua, dan aplikasi berita populer Toutiao.
“Pada Juli 2024, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna TikTok terbesar di dunia, dengan hampir 157,6 juta pengguna yang menggunakan platform video sosial yang populer ini,” kata Statista dalam laman resminya, dikutip Rabu (9/10/2024).
Selanjutnya, di peringkat keempat pengguna TikTok ada Meksiko dengan total 77,3 juta pengguna, Vietnam di peringkat kelima dengan 65,64 juta pengguna. Kemudian, di peringkat keenam ada Pakistan dengan jumlah 62,05 juta pengguna, diikuti Filipina dengan 56,14 juta pengguna TikTok.
Di peringkat kedelapan ada Rusia dengan total pengguna TikTok mencapai 56,01 juta, disusul Thailand dengan 50,81 juta pengguna, dan di peringkat 10 ada Bangladesh dengan 41,14 juta pengguna.
TikTok memiliki sejumlah metode monetisasi seperti acara belanja langsung yang dipandu oleh influencer terkenal. Selain itu, aliran pendapatan utama TikTok berasal dari iklan online. Pada tahun 2022, TikTok diperkirakan telah menghasilkan sekitar US$4 miliar di seluruh dunia melalui iklan online.
Sementara itu menurut Statista kepopuleran video pendek membuat sejumlah platform media sosial populer telah menambahkan fitur video pendek. Seperti, Instagram dengan Reels, yang diluncurkan pada Agustus 2020. Fitur ini menyajikan tingkat penayangan yang lebih tinggi daripada video biasa di platform antara Juni 2021 dan Juni 2022, serta tingkat suka yang lebih tinggi daripada jenis konten lain di Instagram.
Demikian juga dengan YouTube yang merilis YouTube Shorts, pada Juni 2021. Hanya dalam kurun waktu dua tahun, YouTube Shorts tercatat memiliki dua miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2023.
STEVY WIDIA