Indonesia Tempat Ideal Untuk Start Up

Bikesh Lakhmichand selaku Founding Partner 1337 Ventures sekaligus CEO dari iTrain Asia dalam acara Mobile Developer Day 2016, Selasa (15/3) di kampus Binus Internasional, Jakarta. foto (Stevy Widia/Youngsters.ID)

YOUNGSTER.id - Indonesia menjadi temapt ideal untuk start up. Hal ini membuat sejumlah program akselerator  pun hadir di Indonesia. Peluang ini sekaligus tantangan untuk dapat menjadikan dunia IT berkembang dan sejajar dengan Negara di dunia.

“Kami bangga dapat masuk ke pasar Indonesia bersama dengan investor lokal dan pengembang eksosistem (startup). Kami begitu berhati-hati dalam menjangkau pasar (Indonesia) dan percaya bahwa di sana ada kesempatan yang jelas untuk menjalankan program akselerator stadium awal untuk merealisasikan dan mendanai ide menjadi sebuah startup berpotensi tinggi untuk berkembang,” kata Bikesh Lakhmichand selaku Founding Partner 1337 Ventures sekaligus CEO dari iTrain Asia dalam acara Mobile Developer Day 2016, Selasa (15/3) di kampus Binus Internasional, Jakarta.

Program Akselerator Alpha Startups dari 1337 Ventures Hadir di Indonesia. Bekerja sama dengan mitra lokal, siap jaring startup/entrepreneur untuk mengembangkan pasar, seleksi sudah dibuka Inisiatif ini sekaligus membawa 1337 Ventures resmi masuk ke jajaran pemodal ventura startup Indonesia. Program ini juga turut menggandeng Amazon Web Services (AWS) untuk memberikan dukungan layanan server bagi startup terpilih.

Menurut Bikesh ekspansi program ke Indonesia dilandasi sebuah pandangan kemajuan eksosistem startup yang dinilai tercepat perkembangannya di Asia Tenggara. “Ini adalah tempat yang ideal untuk membangun start up,”  ucapnya.

Startup digital di setiap segmen produk atau pasar berhak mengikuti program ini.  Startup terpilih, bisa sampai 3 startup per batch, akan mengikuti program bimbingan, termasuk diberikan fasilitas berupa ruang bekerja, fasilitas pendukung produktivitas dan juga suntikan investasi senilai $25.000 (senilai Rp 325 juta). Seleksi akan menjaring sekitar 25 startup, kemudian akan dipilih 3 startup terbaik untuk masuk dalam tahap akselerasi dalam rangkaian program ekslusif.

Sebelumnya program Alpha Startups sudah pernah dilaksanakan di Malaysia (sebagai basis 1337 Ventures), Singapura dan juga di Filipina. Sedikitnya sudah ada 23 startup yang berhasil masuk dalam tahak akselerasi dan mendapatkan pendanaan lanjutan dari berbagai investor

Bagi entrepreneur atau startup yang tertarik mengikuti program ini, sebagai bagian dari proses pendaftaran, diminta untuk mengirimkan video berdurasi satu menit yang memaparkan tentang konsep ide atau startup yang akan dikembangkan (formulir submisi). Bagi pendaftar terpilih akan mengikuti sebuah sesi intensif selama lima hari untuk mematangkan konsep, termasuk menjalani pengembangan pangsa pasar, produk dan strategi pemasaran.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 Februari hingga 21 Maret 2016 di website Alpha Startups.  Untuk batch pertama program ini sudah mulai dibuka pendaftarannya, dan akan diumumkan kandidat startup terpilih per 28 Maret 2016. Selanjutnya akan diteruskan pada batch kedua di bulan Agustus mendatang.

Program ini telah melahirkan 196 startup berkualitas dari bootcamp sebelumnya yang digelar di Malaysia, Singapura dan Filipina – yang mana 23 di antara mereka telah mendapatkan pendanaan besar dari para Angel Investor, Accelerators, Venture Capital, dan bahkan pemerintah setempat.

 

STEVY WIDIA