youngster.id - Telkomsel kembali menyelenggarakan IndonesiaNEXT 2020. Program ini mengajak anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan daya saing sebagai sumber daya manusia unggul. IndonesiaNEXT 2020 hadir di 13 regional yang mencakup seluruh 34 provinsi di Indonesia.
Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, IndonesiaNEXT 2020 menjadi menarik karena hadir dengan metode e-learning sebagai bentuk penyesuaian program dari Telkomsel di tengah masa penuh tantangan ini.
“Kami pun memastikan IndonesiaNEXT2020 akan memberikan pengalaman belajar daring yang terstruktur, efektif, dan efisien dengan dukungan pemateri dan materi yang berkualitas, sehingga setiap peserta dapat menerima manfaat dari inisiatif ini secara maksimal,” kata Denny dalam keterangannya, Rabu (16/12/2020).
IndonesiaNEXT 2020 dibuka dengan seminar daring bertajuk “Agile Talent in Crisis” yang diselenggaraka pada 15 Desember 2020 – 19 Januari 2021 melalui Zoom, MAXstream, dan YouTube Live. Webinar ini menghadirkan materi seputar strategi adaptasi di kenormalan baru di lingkungan bisnis akibat pandemi COVID-19.
Peserta diajak untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) dengan menjadi pribadi yang agile dan cepat beradaptasi sehingga dapat bersaing di industri yang sangat dinamis.
Telkomsel juga menghadirkan pemateri dari para talenta Telkomsel di bidang teknologi digital dan big data. Seperti UI/UX Research dan Data Science, untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan digital terdepan di Indonesia. Khusus untuk penyelenggaraan webinar “Agile Talent in Crisis” perdana, IndonesiaNEXT 2020 juga mendatangkan Troy Reza Warokka (Chief Operating Officer PT Mahaka Media) untuk memberikan perspektif industri telekomunikasi digital yang lebih luas.
Selain webinar, IndonesiaNEXT 2020 juga memberikan rangkaian program lainnya yang mampu mengembangkan kompetensi para peserta lebih jauh lagi. Pertama, seluruh peserta diberi kesempatan untuk mengikuti kuis daring di laman IndonesiaNEXT, dan 300 peserta dengan skor terbaik di tiap regional akan lanjut menjalani program pelatihan. Kemudian akan dipilih 100 peserta untuk mendapatkan sertifikasi.
Selanjutnya akan dipilih 10 peserta per regional untuk mengikuti bootcamp tingkat area berdasarkan skor tertinggi dan waktu tercepat. Peserta akan mengikuti pelatihan komunikasi dan presentasi serta pembekalan tentang industri. Setelahnya, para peserta akan melakukan presentasi ide di depan panelis yang meliputi pimpinan Telkomsel, pemimpin industri, praktisi, dan tenaga profesional. Nantinya, pengumuman pemenang dari IndonesiaNEXT 2020 akan dilakukan di program terpisah pada 2021 mendatang.
“Kami berharap, para peserta dapat memaksimalkan potensi dirinya melalui IndonesiaNEXT 2020 sebagai salah satu program CSR unggulan Telkomsel dan menjadi talenta digital yang mampu berkontribusi besar dalam menggerakkan industri yang terus mengalami perubahan secara dinamis. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki lebih banyak sumber daya manusia berkualitas yang mampu memajukan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang berdaya saing tinggi,” pungkas Denny.
STEVY WIDIA
Discussion about this post