Industri e-Commerce Indonesia Akan Spesifik

Indra Yonathan, Country General Manager Shopback Indonesia. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - Industri e-commerce Indonesia diprediksi jadi lebih spesifik di 2017. Namun tahun depan jumlahnya akan semakin bertambah, baik dari sisi pelaku e-commerce lokal maupun asing maupun dari sisi kategori produk yang ditawarkan.

Indra Yonathan, Country General Manager Shopback Indonesia mengatakan tren e-commerce di Indonesia tahun depan akan lebih spesifik dan tidak lagi ‘palugada’ (apa lu mau gue ada).

“Kedepan akan semakin banyak pemain e-commerce vertifikal yang spesifik menjual satu kategori produk, hal itu sejalan dengan yang terjadi di negara-negara maju,” ungkap Indra saat ditemui Youngsters.id belum lama ini.

Indra mengatakan saat ini sejatinya sejumlah pemain e-commerce di Indonesia sudah ada spesifik khusus menawarkan produk tertentu saja.

Sejauh ini kategori e-commerce yang spesifik yang sudah ada di bidang kecantikan dan kebutuhan sehari-hari. Berkaca pada kesuksesan e-commerce vertikal di negara lain, tren serupa juga akan tumbuh lebih pesat kedepannya ketimbang marketplace yang menyediakan semua kategori barang.

Terlebih saat ini netizen Indonesia yang mulai melakukan transaksi daring jumlahnya kian meningkat setiap tahunnya. Netizen yang sudah pernah melakukan transaksi daring dipastikan akan kembali berbelanja dengan nominal yang lebih besar dari sebelumnya.

Namun tahun depan jumlahnya akan semakin bertambah, baik dari sisi pelaku e-commerce lokal maupun asing maupun dari sisi kategori produk yang ditawarkan.

“Tahun depan sudah ada beberapa pemain e-commerce asing yang cukup besar dan spesifik di satu bidang dipastikan akan masuk Indonesia. Disamping itu ada juga pemain lokal yang juga spesifik di satu bidang,” kata Yonathan lagi.

STEVY WIDIA

Exit mobile version