Ini Hal Terpopuler Yang Dibagikan di Facebook dan Instagram Selama Ramadan 2022

Facebook User

Platform online seperti Facebook menjadi sarana melakukan transaksi online. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Media sosial telah menjadi arena komunikasi seluruh dunia, termasuk di masa Ramadan. Facebook mencatat sejak akhir Maret lalu, ada lebih dari 39 juta orang di seluruh dunia mengucapkan ‘Selamat Ramadan’ dan ‘Happy Mubarak’, dan lebih dari 1,4 juta orang diantaranya berasal dari Indonesia.

Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia, mengatakan, Meta kembali menghadirkan kampanye global #BulanKebaikan untuk mengangkat cerita inspiratif dari komunitas, serta berbagi ide dan cara bagi orang-orang di Indonesia untuk melakukan dan menemukan inspirasi kebaikan serta berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui teknologi-teknologi.

“Tren dan data selama Ramadan tahun ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang kami sediakan dapat membantu banyak orang di Indonesia untuk saling berbagi kehangatan, kebaikan dan merayakan kebersamaan secara virtual di bulan yang suci,” kata Pieter dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Selain itu Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram mengungkapkan, ada 4 hal terpopuler selama Ramadan 2022 di Facebook dan Instagram.

Selain ucapan selaman, secara khusus di platform Facebook, lebih dari 3,7 juta orang di seluruh dunia bergabung dengan lebih dari 14 ribu Grup Facebook yang memiliki minat dan fokus terkait Ramadan pada tahun 2022. Di Indonesia, ada sekitar 3.340 Grup Facebook yang berfokus pada Ramadan dengan jumlah anggota mencapai 365.515 orang.

Hal popular lain yang dibagikan pengguna media sosial ini adalah perhelatan atau acara-acara yang spesial dan khas, seperti buka puasa bersama, sesi diskusi tentang wawasan agama Islam, hingga kegiatan sosial. Data dari Meta menunjukkan bahwa lebih dari 219 ribu orang di seluruh dunia mengatakan mereka tertarik untuk mengikuti acara-acara terkait Ramadan selama bulan suci ini.

Bulan Ramadan tahun 2022 juga memberikan inspirasi kepada komunitas global untuk membantu lebih banyak orang dengan memberikan donasi. Di #BulanKebaikan ini, orang-orang banyak menyalurkan donasi mereka melalui Facebook dan Instagram ke lebih dari 500 organisasi nirlaba di seluruh dunia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version