youngster.id - Retailer gaya hidup MAP Active berhasil mendongkrak penjualan merek Sepatu HOKA. Caranya? MAP Active menyusun rencana yang mengintegrasikan pemasaran, perluasan distribusi, dan pengalaman pelanggan untuk mendorong pertumbuhan merek HOKA.
Sejak pandemi ini, MAP Active telah memulai peralihan signifikan ke sektor ritel, untuk mempercepat dan memperluas jangkauan HOKA di kalangan konsumen Indonesia di tengah terbatasnya kehadiran pasar. Proyek strategis ini bertujuan untuk memperluas daya tarik merek ini ke beragam kategori pelari dan khalayak yang lebih luas yaitu penggemar gaya hidup aktif.
MAP Active memperkenalkan konsep ritel Mono Brand yang bertujuan untuk memberikan pengalaman HOKA yang unik kepada konsumen. Sebagai bagian dari proses ini, pengecer gaya hidup telah memilih lokasi yang optimal untuk toko-toko ini, dengan sangat mempertimbangkan segmen konsumen sasaran, lalu lintas pejalan kaki, dan area jangkauan. Perencanaan dan desain ruang toko yang cermat juga telah mematuhi pedoman konsep ritel global HOKA.
Prasanna Bhaskar, General Manager HOKA APAC mengatakan, yang membuat penerapan konsep ritel MAP unik adalah tim penasihat di toko-toko yang dilatih untuk merekomendasikan sepatu yang paling pas kepada konsumen, menggunakan profil kaki masing-masing, yang diperoleh dengan cepat 3D pemindaian kaki.
“Toko ini berfungsi sebagai pusat komunitas di mana pelanggan dapat menemukan dan mendaftar untuk acara lari mingguan atau dua mingguan HOKA Run Club,” ucap Bhaskar, dikutip Selasa (9/7/2024).
Saat ini, HOKA Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi salah satu klub lari terbesar untuk merek tersebut di Asia Tenggara, yang melibatkan komunitas melalui pelatihan virtual dan pelatihan fisik mingguan serta sesi lari. Inisiatif ini juga menampilkan kelas-kelas master inspiratif yang diselenggarakan oleh para atlet HOKA.
MAP telah mengadopsi pendekatan yang komprehensif, dengan fokus pada meningkatkan kesadaran, membangkitkan minat, dan pada akhirnya merangsang permintaan yang lebih besar terhadap merek tersebut melalui inisiatif pemasaran yang ditargetkan. Inisiatif yang telah diterapkan antara lain strategi media terintegrasi yang menampilkan kampanye merek HOKA “Fly Human Fly,” yang mempromosikan kegembiraan bergerak sambil menyoroti inovasi musiman.
MAP Active telah memanfaatkan iklan digital di luar rumah, iklan digital berbayar di platform seperti Meta dan Google, serta penempatan di mal dan stasiun MRT umum untuk mempertahankan eksposur konsumen yang konsisten sepanjang tahun.
Hingga Desember 2023, empat gerai HOKA di Jakarta dan Surabaya telah dibuka. Inisiatif pemasaran yang didorong oleh konsumen juga meningkatkan kesadaran dan minat merek sebanyak dua kali lipat pada tahun lalu.
Atas keberhasilannya mendorong potensi merek ritel olahraga HOKA yang sedang berkembang di Indonesia, MAP Active menerima penghargaan kategori Footwear Retailer of the Year – Indonesia di Retail Asia Awards.
Retail Asia Awards memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang baru saja meluncurkan proyek atau inisiatif ritel yang inovatif, serta para pemimpin industri yang telah mendorong merek masing-masing untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
HENNI S.