Jakarta Metaverse : Gerakan Kolaborasi Lintas Sektor Kreatif

UMKM Tokopedia

Para pelaku UMKM produk kerajinan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang diperhitungkan dalam bisnis ekonomi kreatif dunia. Hal ini mendorong Komite Ekraf Jakarta menggelar Jakarta Metaverse, gerakan dan melting pot yang diinisiasi bersama para pelaku ekraf Jakarta dalam membangkitkan kolaborasi lintas sektor kreatif, yang menerobos batas, menciptakan kebaruan, dan mendisrupsi cara berfikir.

Ketua Komite Ekraf Jakarta Diaz Hensuk menyatakan apresiasi publik terhadap Jakarta Metaverse 2021 jauh melebihi perkiraan segenap komite yang terlibat.

“Kami tidak mengira antusiasme publik begitu besar. Response positif ini menunjukkan bahwa para pegiat ekraf tanah air merasakan dahaga setelah sekian lama didera pandemi. Sehingga, kehadiran Jakarta Metaverse menjadi oase bagi segenap pelaku ekraf tanah air. Hal ini akan memotivasi kami untuk kian baik pada gelaran selanjutnya” katanya dalam keterangan pers, Rabu (1/9/2021).

Sebanyak 2.350 pegiat ekonomi kreatif di tanah air berkumpul dan merayakan potensi ekonomi kreatif khususnya di Jakarta. Melalui kegiatan ini KE JKT berupaya menghadirkan sebuah babak baru Ekraf DKI Jakarta yang bertujuan mengajak para pelaku untuk bisa beradaptasi, berinovasi agar dapat menciptakan suatu kreasi baru, kesempatan baru, untuk terciptanya ekosistem ekonomi baru.

Jakarta Metaverse digelar secara daring pada 27-29 Agustus 2021 dengan tema ‘The New Age of Creative Economy’. Lebih dari 95 pembicara lintas subsektor ekonomi kreatif dalam 27 panel diskusi.

Sederet nama yang telah menjadi pengisi acara melingkupi Erick Thohir, Sandiaga Uno, Anies Baswedan, Gina S Noer, Ayu Utami, Adi Ekatama, Irawan Karseno,  Ari Juliano, Cahyadi Wanda, Shawn Liem, Ade Putri,  Diaz Hensuk,  Elwin Hendrijanto, Chitra Subyakto,  Diana Nazir, Upie Guava, Wregas Bhanuteja, Trivet Sembel, Bapak2ID, Kukuh Rizal, Wilson Tjandra, Gumilar Ekalaya, Gupta Sitorus, Antonny Liem, Evelyn Vtuber, Cerita Tessa, Mintchan, Anto Hoed, JJ Rizal, Rege Indrastudianto, Adib Hidayat, hingga Hadi Ismanto.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengapresiasi digelarnya Jakarta Metaverse 2021.

“Kami berharap kedepannya kolaborasi  Kemenparekraf  dan Komite Ekraf bisa menghasilkan inovasi-inovasi dan produk ekonomi kreatif yang bukan hanya bisa dijual secara online, dalam platform digital. Namun juga bisa menjadi suatu ekosistem yang tentunya kita harapkan untuk membangkitkan ekonomi pasca pandemi,” kata Sandiaga.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version