Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kemenparekraf Ajak UMKM Kriya Transformasi Digital

22 September 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Apresiasi Kreasi Indonesia

Bangkitkan Ekonomi Pelaku Ekraf, Ajang Apresiasi Kreasi Indonesia Kembali Digelar (Foto: ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi ke digital. Untuk itu Badan Ekonomi Kreatif menggelar pelatihan berkelanjutan tentang pemasaran digital.Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf M Neil El Himam mengungkapkan, sektor pariwisata adalah sektor yang paling terdampak negatif akibat pandemi covid-19. Termasuk didalamnya UMKM di subsektor kriya.

“Karena subsektor kriya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sektor pariwisata. Kriya banyak menyediakan karya-karyanya berupa souvenir untuk dijual kepada wisatawan. Jadi selama wisatawan terdampak luar biasa maka akan berdampak kepada pelaku usaha di bidang kriya,” kata Neil dalam webinar Senin (21/9/ 2020).

Baca juga :   Aplikasi Online Untuk Bawang Merah

Meski demikian, tambahnya, memasuki era ekonomi digital sekarang ini membuat terjadinya akselerasi transformasi digital untuk semua sektor termasuk kriya. Artinya, bertransaksi tidak perlu lagi dilakukan secara fisik dan pemasarannya bisa lebih luas lantaran dilakukan secara digital.

“Beralih ke digital merupakan solusi paling efektif. Bila pemilik usaha bisa semakin kreatif memasarkan produk lewat dunia digital, maka sebagian masalah penjualan akan teratasi. Yang penting, mereka sungguh-sungguh mendalami strategi pemasaran digital,” ujarnya.

Namun, Neil paham bertransformasi secara digital bagi UMKM tidak semudah membalikan telapak tangan. Pasalnya, ada hal lain yang perlu diperhatikan mulai dari metode dalam penjualan, memberikan penjelasan yang tepat dalam pemasaran produk atau jasa melalui platform digital, hingga menghasilkan produk yang berkualitas.

Baca juga :   Banyak Smartphone di Indonesia dari Pasar Ilegal

“Menurut kami yang paling penting adalah terkait dengan kualitas dari produk-produk yang dihasilkan. Ini sangat penting. Karena nilai ekonomi digital di Indonesia pada tahun lalu mencapai Rp600 triliun dan di 2025 nilai ekonomi digital diprediksi akan mencapai Rp1.600 triliun. Itu untuk keseluruhan,” tukasnya.

Itulah sebabnya, Kemenparekraf/Baparekraf menginisiasi program pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Pemasaran Digital. Pelatihan secara berkelanjutan ini dimaksudkan agar para pelaku usaha khususnya Subsektor Kriya memperoleh pelatihan yang komprehensif tentang pemasaran digital.

Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf menambahkan, akan terus mendukung pelaku UMKM khususnya Subsektor Kriya untuk segera go digital. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Kemenparekraf kepada pengusaha kriya agar memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.

Baca juga :   Telkomsel Dorong Percepatan Pemerataan Akses Broadband di Wilayah 3T

“Berikutnya, kami juga sedang mempertimbangkan untuk membuat kelas untuk pelaku industri kreatif lainnya,” ucapnya.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)kriyaUMKM
Previous Post

Startup Bangka Belitung Ini Siap Bangun Ekosistem Bisnis Berbasis Teknologi

Next Post

Kolaborasi Fintech dan E-Commerce Tingkatkan Nilai & Frekuensi Transaksi

Related Posts

Usaha Ultra Mikro Perempuan
Headline

Kementerian UMKM Gelar Startup Acceleration Program 2025

3 September 2025
0
Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital
Headline

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital

27 Agustus 2025
0
Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia
Headline

Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Perluas Layanan, Cashlez Gandeng Kredivo Terima Cicilan Tanpa Kartu

Kolaborasi Fintech dan E-Commerce Tingkatkan Nilai & Frekuensi Transaksi

Pengguna Tokopedia Sumbang Rp33 Miliar Selama Pandemi

Pengguna Tokopedia Sumbang Rp33 Miliar Selama Pandemi

Robot Ini Permudah Petani Saat Menyiram Tanaman

Robot Ini Permudah Petani Saat Menyiram Tanaman

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version