Jumat, 31 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Kerjasama AirAsia MOVE & Kemenpar RI Dorong Pertumbuhan Wisatawan Malaysia

31 Oktober 2025
in News
Reading Time: 2 mins read
Kerjasama AirAsia MOVE & Kemenpar RI Dorong Pertumbuhan Wisatawan Malaysia

Postingan wisatawan Malaysia di media sosial saat berlibur ke Indonesia. (Foto: istimewa/airasiamove)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - AirAsia MOVE dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menjalin kerja sama terpadu sejak Juli hingga Oktober 2025 untuk memperkuat promosi pariwisata Indonesia di pasar Malaysia. Melalui rangkaian inisiatif digital dan luring terintegrasi, data AirAsia MOVE mencatat peningkatan sebanyak 2.636 turis asal Malaysia, dengan total kunjungan mencapai lebih dari 68 ribu orang dalam 50 hari.

Country Head AirAsia MOVE Indonesia Arbi Wienandar mengungkapkan, melalui sinergi antara data, teknologi, dan promosi digital, pihaknya dapat mendorong peningkatan wisatawan asing, serta pertumbuhan industri lokal secara berkelanjutan.

“Ke depan, AirAsia MOVE berkomitmen untuk terus mendukung visibilitas pariwisata Indonesia ke lebih banyak daerah, serta menarik lebih banyak potensi turis dari kawasan Asean,” ujarnya dikutip Jumat (31/10/2025).

Sejalan dengan kampanye utama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang bertajuk “Wonderful Indonesia”, kolaborasi bertema #MacamLokal ini mengajak turis Malaysia menikmati kuliner, budaya, alam, dan keramahan masyarakat Indonesia secara langsung. Kampanye ini diwujudkan dalam berbagai aktivitas, seperti familiarisation trip bersama KOL Malaysia, promo tiket pesawat dan hotel di aplikasi AirAsia MOVE, hingga konten digital yang menyoroti keindahan Nusantara.

Baca juga :   Dukung Kesediaan Pangan, Grab Gandeng Kementan dan 6 Ritel

Kampanye mencakup kota utama, seperti Jakarta, Medan, dan Surabaya, serta kota wisata, Bandung dan Yogyakarta. Kemitraan ini turut mendukung industri pariwisata lokal, serta memperkuat pelestarian budaya di tengah dinamika kawasan Asean.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata Ni Made Ayu Marthini menambahkan, kemitraan dengan AirAsia MOVE merupakan contoh nyata sinergi publik-swasta yang efektif dalam memajukan industri pariwisata nasional.

“Dengan peningkatan lebih dari dua ribu wisatawan Malaysia, kami dapat mengidentifikasi pola perjalanan yang lebih spesifik, merancang strategi pemasaran yang lebih relevan, juga memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi yang inklusif dan berkelanjutan di tingkat global,” ucapnya.

Selain menghasilkan capaian jumlah wisatawan yang signifikan, data internal AirAsia MOVE juga mencatat sejumlah temuan menarik mengenai tren perjalanan turis Malaysia berikut ini:

Baca juga :   Jenius Permudah Traveller Kelola Keuangan Perjalanan

Millennial dan Gen Z jadi penggerak utama

Pelancong Malaysia yang datang ke Indonesia didominasi oleh segmen millennial dan Gen Z, dengan 74% berusia 20–44 tahun. Generasi ini dikenal aktif bepergian, haus akan pengalaman baru, dan gemar membagikan momen perjalanan di media sosial. Hal ini menjadikan mereka penggerak tren digital yang turut memperluas eksposur destinasi Indonesia di ranah daring, menciptakan efek domino bagi promosi wisata secara organik.

Produk lokal diburu oleh warga Malaysia

Riset internal AirAsia MOVE menemukan bahwa jenama kosmetik dan fashion indie Indonesia, kini tengah naik daun di kalangan masyarakat Negeri Jiran. Selain itu, ada pula yang secara khusus datang ke Indonesia untuk membeli bahan kain. Tren ini mencerminkan wisata belanja, serta interaksi langsung dengan kuliner khas, pasar tradisional, dan produk kriya menjadi magnet tersendiri bagi pelancong asal Malaysia saat berkunjung ke Indonesia.

Baca juga :   Tim M-Green ITB Juara Pertama SUPERNATURE

Keterjangkauan harga tetap yang utama

Selama periode kampanye, tercatat lebih dari 5.300 pengguna melakukan pencarian tiket pesawat dari Malaysia menuju Jakarta, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta setiap harinya di aplikasi AirAsia MOVE. Mereka umumnya menghabiskan waktu 2–3 malam di Indonesia, dengan rata-rata pengeluaran Rp730 ribu per malam untuk akomodasi. Pola ini mengindikasikan kecenderungan untuk memilih liburan singkat yang tetap mengutamakan keterjangkauan harga, sejalan dengan nilai yang terus diusung oleh AirAsia MOVE.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: airasia MOVEKementerian Pariwisata Republik Indonesiapromosi pariwisatawisatawan malaysia
Previous Post

Kementerian Ekraf Fasilitasi 24 Startup Jalani Kemitraan Strategis dengan Mitra Global

Next Post

Ancaman Siber Global Kian Kompleks, Microsoft Soroti Indonesia dan Evolusi Ransomware di Era AI

Related Posts

Aplikasi AirAsia MOVE
News

Menyambut Liburan Sekolah, AirAsia MOVE Ungkap Tren Perjalanan

14 Mei 2025
0
MOVETIX x Ticketmelon
News

Permudah Pemesanan Tiket Event di ASEAN, MOVETIX ‘AirAsia MOVE’ Gandeng Ticketmelon

26 September 2024
0
Pelancong
News

Jenius Permudah Traveller Kelola Keuangan Perjalanan

16 Juli 2024
0
Load More
Next Post
keamanan siber

Ancaman Siber Global Kian Kompleks, Microsoft Soroti Indonesia dan Evolusi Ransomware di Era AI

Jasuindo

Catat Kinerja Positif, Penjualan Jasuindo Naik 12% YoY di Kuartal III 2025

MR.D.I.Y.

Tumbuh 17,3%, MR.D.I.Y. Indonesia Bukukan Pendapatan Rp5,7 Triliun di Q3 2025

Discussion about this post

Recent Updates

MR.D.I.Y.

Tumbuh 17,3%, MR.D.I.Y. Indonesia Bukukan Pendapatan Rp5,7 Triliun di Q3 2025

31 Oktober 2025
Jasuindo

Catat Kinerja Positif, Penjualan Jasuindo Naik 12% YoY di Kuartal III 2025

31 Oktober 2025
keamanan siber

Ancaman Siber Global Kian Kompleks, Microsoft Soroti Indonesia dan Evolusi Ransomware di Era AI

31 Oktober 2025
Kerjasama AirAsia MOVE & Kemenpar RI Dorong Pertumbuhan Wisatawan Malaysia

Kerjasama AirAsia MOVE & Kemenpar RI Dorong Pertumbuhan Wisatawan Malaysia

31 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
MR.D.I.Y.

Tumbuh 17,3%, MR.D.I.Y. Indonesia Bukukan Pendapatan Rp5,7 Triliun di Q3 2025

31 Oktober 2025
Jasuindo

Catat Kinerja Positif, Penjualan Jasuindo Naik 12% YoY di Kuartal III 2025

31 Oktober 2025
keamanan siber

Ancaman Siber Global Kian Kompleks, Microsoft Soroti Indonesia dan Evolusi Ransomware di Era AI

31 Oktober 2025
Kerjasama AirAsia MOVE & Kemenpar RI Dorong Pertumbuhan Wisatawan Malaysia

Kerjasama AirAsia MOVE & Kemenpar RI Dorong Pertumbuhan Wisatawan Malaysia

31 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version