youngster.id - Berbagai perubahan signifikan yang terjadi di berbagai aspek termasuk ekosistem sumber daya manusia (SDM). Kondisi penuh tantangan yang sulit diprediksi menjadikan pengelolaan SDM di perusahaan atauinstitusi juga semakin kompleks. Hal ini mendorong SHL Indonesia, menggelar Talent Conference 2023.
Sekitar 250 praktisi Sumber Daya Organisasi yang mewakili manajemen puncak maupun divisi hadir membahas sejumlah pertanyaan dasar seputar profil sumber daya manusia Indonesia yang berpotensi mengarah pada pertumbuhan.
“Di beberapa region, karakter yang menduduki tempat teratas adalah optimisme, integritas, dan kemurahan hati atau kebaikan (generosity). Yang menarik, dua dari karakter ini yaitu integritas dan generosity menjadi karakter dominan SDM di wilayah Asia. Selain itu, kemampuan bekerjasama dan saling dukung di dalam tim serta kemampuan beradaptasi juga menjadi bagian yang menonjol dari karakteristik SDM yang disurvei,” ujar Lucy Beaumont Talent Management Solution Lead SHL dalam siaran pers, Rabu (20/9/2023).
Lucy juga mengupas hasil riset SHL Global bertajuk “Skills of the Future and Where to Find Them”. Riset ini melibatkan 70 ribu praktisi SDM di berbagai industri dari seluruh dunia yang dibagi ke dalam 8 region yaitu Afrika, Asia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Eropa, India, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Oseania.
Lucy memaparkan, keterampilan non-teknis justru akan menjadi kunci keberhasilan perusahaan di masa depan. Selama ini, kemampuan-kemampuan di atas lebih banyak dikenal sebagai soft skills, namun, ia menegaskan terminologi ini mulai berubah dan kemampuan ini kini banyak dikenal sebagai power skills
“Kemampuan untuk beradapatasi, memiliki nilai integritas, kemurahan hati, selalu optimis, kemampuan komunikasi yang efektif, dan lain-lain akan menjadi poin utama yang menjadi kekuatan SDM masa depan,” ujarnya.
Kemampuan beradaptasi SDM Asia, termasuk Indonesia diakui Justi Ariesthiawati, Senior General Manager – Assessment Center Indonesia, PT Telkom Indonesia. Menurut dia, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, perubahan di industri ini bisa dikatakan terjadi setiap waktu.
Perkembangan teknologi yang terjadi demikian cepat menuntut Telkom untuk memiliki SDM yang bisa beradaptasi dengan sama cepat atau bahkan mengantisipasi perubahan yang akan terjadi.
“SDM di Indonesia memiliki kemampuan adaptasi dan berubah dengan sangat baik seiring perkembangan jaman. Di Telkom, kami berupaya mengelola SDM dengan melihat potensi dan kemampuan serta selalu mengasah mereka untuk terus berkembang seiring perubahan industri. Di masa pandemi lalu, adaptasi terhadap perubahan yang demikian mendadak menjadi salah satu kunci yang membuat perusahaan tetap bertumbuh,” katanya.
Sementara Managing Director SHL Indonesia Marizca Tambunan mengatakan, melalui kegiatan SHL Indonesia Talent Conference 2023 ini, SHL Indonesia berupaya mendukung perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia dalam mencari SDM yang tepat.
“Dengan ini kita siap menghadapi tantangan organisasi di masa depan. Serta mengembangkan keterampilan SDM untuk menjaga sustainability perusahaan dan menjadi aset berharga untuk perusahaan sekarang dan di masa depan,” pungkas Marizca.
STEVY WIDIA
Discussion about this post