Kini Layanan Pertanahan Sudah Daring

ilustrasi agraria

youngster.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan meluncurkan sistem dan aplikasi pelayanan pertanahan “online” atau daring. Dimulai dari Provinsi Riau. Ini formula proaktif pelayaan pertanahan oleh BPN yang sudah dilakukan diseluruh wilayah Indonesia.

“Kedepan orang darimanapun yang hari ini ada di Pekanbaru, Siak, Kampar dan sebagainya bisa mengurus tanah mereka disatu tempat pelayanan dan terintegrasi dengan cara ‘online’,” kata Ferry Mursyidan Baldan, dilansir Antara Senin (15/5/2016)dari Pekanbaru Riau.

Ferry menjelaskan, saat ini baru ada beberapa kabupaten/kota di Riau yang menjalin kerja sama aplikasi pertanahan daring ini. Namun, kedepan semua akan ikut bergabung dan terintegrasi. Ia juga menegaskan dengan kemudahan pelayanan pertanahan daring ini maka BPN sudah bisa memaksimalkan pelayanan yang selama ini terbagi dua layanan Hak Guna Usa (HGU) dan tanah masyarakat.

“Kedepan walau akan bertahap semua layanan pertanahan menuju kemudahan dengan online dan terintegrasi kepusat,” tuturnya.

Selain itu, Menteri Agraria juga sedang merancang semua jaringan akan terintegrasi. “Jadi ketika ada yang butuh informasi yang berkaitan dengan BPN dan pertanahan dimana saja bisa berkonsultasi lewat layanan ini,” tuturnya.

Baca juga :   Google: Semakin Banyak Orang Cari Mobil Baru dari Internet

Ia menambahkannya, dengan layanan daring terintegrasi ini pemerintah daerah maupun pusat bisa melihat secara langsung berapa besaran perolehan Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan (BPHTB). “Hari ini kita sudah bisa tahu berapa BPHTB yang dihasilkan Pekanbaru dan Riau,” katanya lagi.

 

STEVY WIDIA