Komitmen Bagi Pengembangan Ekonomi Digital

Ilustrasi

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Lawatan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat membuahkan dua kesepakatan dan komitmen penting. Kesepakatan itu salah satunya adalah keberpihakan terhadap UMKM di era keterbukaan ekonomi dan inovasi teknologi.

Saat berkunjung ke Silicon Valley, Presiden membicarakan keberpihakan itu dengan CEO Facebook, Google, Plug and Play dan CEO Twitter.

Para CEO tersebut juga telah memberikan komitmen kerjasama pengembangan ekonomi digital. Misalnya, dengan Google, terdapat komitmen pelatihan 1000 technopreneurs sampai tahun 2020.‎‎

Kesepakatan kedua berkaitan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS yang berlangsung pada 15-16 Februari 2016 di Sunnylands, California Amerika Serikat. Sejak awal keberangkatan ke AS, Presiden Jokowi memang telah menekankan bahwa hasil KTT ini harus bermanfaat bagi perdamaian dan kesejahteraan, baik untuk ASEAN dan AS maupun untuk dunia.

Selama berada di Amerika Serikat, Presiden menghadiri KTT ASEAN-AS pada 15-16 Februari 2016 di California dan bertemu diaspora Indonesia, serta berkunjung ke Silicon Valley pada 17 Februari 2016.‎ Selain menghadiri KTT ASEAN-AS dan berkunjung ke Silicon Valley, Presiden Jokowi bertemu dengan ‎d‎iaspora Indonesia di San Fransisco dan ‎menjadi pembicara utama dalam US ASEAN Business Council.‎

 

ANGGIE ADJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA