Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Layanan Waste Credit Dukung Produsen Makanan dan Minuman Indonesia Capai Plastic Neutral

28 Juli 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Proyek Berbasis Digital DIVERT Waste4Change

Proyek Berbasis Digital DIVERT Waste4Change dan Unilver Dukung SDG dan Ekonomi Sirkular (Foto: istimewa/twitter)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - PT Wasteforchange Alam Indonesia (Waste4Change) memperkenalkan layanan Waste Credit yang bisa diterapkan untuk mendukung sustainability program para pelaku bisnis di industri makanan dan minuman di Indonesia dan mencapai target Plastic Neutral mereka.

Plastic neutral merupakan kondisi yang dicapai oleh produsen atau perusahaan ketika membeli plastic credit dan mendanai proyek daur ulang dengan target volume setara dengan kilogram jejak plastik yang dihasilkan.

Rizky Ambardi, Head of Recycling Business Waste4Change, Rizky Ambardi, menjelaskan layanan Waste Credit Waste4Change bisa menjadi alternatif pilihan bagi para pelaku industri makanan dan minuman serta perusahan-perusahan produsen FMCG untuk dapat aktif berkontribusi mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan sampah yang tidak terkelola dengan baik.

“Melalui layanan Waste Credit, Waste4Change membantu mengumpulkan material atau jenis sampah tertentu secara spesifik seperti multilayer plastic (MLP), used beverage carton, used cooking oil (minyak jelantah), paper box, dan sebagainya, sesuai permintaan dan target perusahaan klien, untuk mengurangi sampah yang berakhir ke tempat pemrosesan akhir (TPA). Selain itu, layanan Waste Credit juga memungkinkan perusahaan klien terlibat aktif dalam usaha membersihkan sungai dan pantai kemudian mendaur ulang sampahnya,” jelas Rizky dalam webinar bertema Plastic Neutral for Sustainable Food Industry pada Rabu (28/7/2021).

Baca juga :   Project #PlasticReborn, Inspirasikan Pengelolaan Sampah Bagi Anak Muda

Dia menjelaskan, sampah yang berhasil terkumpul kemudian akan dipilah ulang dan diproses di fasilitas Rumah Pemulihan Material (RPM) Waste4Change. Selanjutnya, sampah didistribusikan ke mitra daur ulang Waste4Change juga mitra pengolah sampah. Sampah-sampah yang sulit didaur ulang contohnya styrofoam bisa dijadikan bahan baku refuse-derived fuel di pabrik semen. Semua perjalanan sampah tersebut didata dan dilaporkan pada klien.

Sejak Agustus 2020, Waste4Change dengan bantuan dana dari perusahaan internasional yang merupakan klien rePurpose Global, telah berhasil mengumpulkan 40 ton sampah material multilayer plastic (MLP).

Co-founder Better Nature Amadeus Driando Ahnan Winarno,  mengatakan sebagai produsen tempe yang menjual produknya di Inggris dan Eropa, Better Nature mengakui masih memerlukan kemasan plastik untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang layak untuk dikonsumsi. Karenanya, Better Nature menyadari bahwa terdapat responsibility untuk memperbaiki lingkungan dari setiap kemasan tempe yang dijual.

Baca juga :   Pendanaan Startup di Asia Tenggara Menurun Tajam pada November 2024

“Sebagai startup yang berkedudukan di Inggris, kami bekerja sama dengan rePurpose Global dan Waste4Change melalui layanan Waste Credit, untuk membiayai pengumpulan sampah plastik (oleh) Waste4Change dengan target 1.300 kilogram sampah plastik terkumpul setiap tahunnya. Kolaborasi ini juga merupakan upaya Better Nature untuk berkontribusi memperbaiki lingkungan di Indonesia, negara asal tempe,” papar Amadeus Driando.

Untuk diketahui, pertengahan 2020, Better Nature berhasil menjadi the First Plastic Neutral Meat-Alternative Company di dunia dan sejak April 2021, Better Nature pun telah meraih rating Plastic Negative dari rePurpose Global, karena berhasil mengumpulkan sampah plastik lebih banyak dari jejak plastik yang timbul. Hingga saat ini, Better Nature telah berhasil mengumpulkan sebanyak 1,918 kilogram sampah plastik yang berasal dari perairan dan lingkungan lainnya.

Baca juga :   Ekosistem Keuangan Digital GoTo Financial Tingkatkan Inklusi Keuangan UMKM dan Masyarakat di Indonesia

 

 

FAHRUL ANWAR

Tags: Better Natureplastic neutralPT Wasteforchange Alam Indonesiawaste creditWaste4Change
Previous Post

GoTo Group Manfaatkan Google Cloud Untuk Tingkatkan Layanan Ekosistem

Next Post

Xiaomi Gandeng JD.ID Pada Peluncuran Laptop Pertama Xiaomi di Indonesia

Related Posts

Waste4Change
Headline

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
0
Mohamad Bijaksana Junerosano - Waste4Change
Headline

Waste4Change: Solusi Sirkular Penting dalam Mendorong Perubahan Sistemik

18 September 2025
0
Waste4Change x Greenhope
Headline

Kolaborasi Greenhope dan Waste4change Wujudkan TPA Controlled Landfill Secara Ekonomis

7 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Xiaomi Gandeng JD.ID Pada Peluncuran Laptop Pertama Xiaomi di Indonesia

Xiaomi Gandeng JD.ID Pada Peluncuran Laptop Pertama Xiaomi di Indonesia

belajar online

3 Indonesia Hadirkan Solusi Hemat Bagi Siswa Belajar Daring

AMVESINDO

AMVESINDO Dorong Modal Ventura Garap Investasi Berdampak di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version