Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Maksimalkan Potensi UMKM Lokal Demi Bersama Pulihkan Ekonomi Nasional

6 Mei 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia BBI

Tokopedia menghadirkan halaman khusus BBI yang menampilkan kurasi produk lokal. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menetapkan 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang bertemakan Semakin Bangga Buatan Indonesia.

“Pencanangan Hari BBI 2021 ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum Ramadan dan Idul Fitri 2021 harus dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik,” kata Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi dalam keterangan pers, Rabu (5/5/2021).

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate turut menyatakan, penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. “Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” ujarnya.

Baca juga :   Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh Terlaris di ShopTopedia Sepanjang 2024

Penyelenggaraan Hari BBI secara daring ini diadakan hingga 13 Mei 2021, didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, salah satunya Tokopedia. CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya mengungkapkan, penetapan Hari BBI sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat menemukan beragam produk UMKM lokal sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

“Gerakan nasional BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia. Contohnya, Stayhoops dari kategori Fashion di Tokopedia berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat selama Januari 2021 dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI pada Juni 2020,” ungkap William.

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 secara umum mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Baca juga :   Carro Raih Status Unicorn Otomotif Pertama di Asia Tenggara

Riset tersebut juga mengungkapkan tiga provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia, yaitu NTB (144,6%), Sulawesi Tengah (73,4%) dan Sulawesi Selatan (73,3%). Sementara tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2%), Yogyakarta (42,2%) dan DKI Jakarta (28,3%).

Dalam rangka Hari BBI, Tokopedia menghadirkan penawaran menarik seperti Diskon Flash Sale hingga 90% dan Diskon GoSend hingga Rp20 ribu untuk pengiriman instant dan same day. Masyarakat juga bisa menikmati Produk Serba Rp5 ribu, Bebas Ongkir hingga Rp50 ribu dan Cashback hingga Rp600 ribu pada halaman khusus BBI yang menampilkan kurasi produk lokal.

Ada juga rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller, yang bisa diakses secara gratis agar para pegiat UMKM lokal bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk dan pemasaran, serta dapat berbagi inspirasi atau pengalaman dengan sesama penjual di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.

Baca juga :   AlteaCare, Aplikasi Telemedicine dengan Layanan Rumah Sakit Terintegrasi

“Tokopedia berharap hadirnya Hari Bangga Buatan Indonesia ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal dalam mengembangkan potensi produk asli Indonesia, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia demi pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi,” tutup William.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja daringHari Bangga Buatan Indonesia (BBI)Hari BBI 2021Kementerian Komunikasi dan InformatikaKementerian PerdaganganTokopedia
Previous Post

Agree, Penyedia Platform Ekosistem Kemitraan Agrobisnis Perluas Layanan Se-Indonesia

Next Post

Resmi Kantongi Izin OJK, Dhanapala Permudah UMKM Lokal Kembangkan Usaha

Related Posts

Shopee Luncurkan Ekspor Flexi, Peluang Bagi UMKM Atur Toko Luar Negeri Sendiri
Headline

Shopee Luncurkan Ekspor Flexi, Peluang Bagi UMKM Atur Toko Luar Negeri Sendiri

2 Juli 2025
0
Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Load More
Next Post
UMKM Tokopedia

Resmi Kantongi Izin OJK, Dhanapala Permudah UMKM Lokal Kembangkan Usaha

Matahari

MPPA Gandeng JD.ID Untuk Perkuat Omni Channel O2O

OYO Hotel

Optimalkan Peluang Staycation, OYO Siapkan Sejumlah Strategi Jelang Libur Lebaran

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version