Mbiz, Beri Tiga Solusi untuk Seluruh Ekosistem Pengadaan

Herdian Yoki, Chief Technology Officer (CTO), Mbiz bersama tim. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Digitalisasi diyakini mampu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kompetensi di segala bidang secara optimal. Salah satu bidang yang didorong untuk melakukan transformasi digital adalah bidang pengadaan barang dan jasa (e-procurement).

Namun, penerapan e-procurement sering terkendala oleh beberapa faktor, seperti besarnya biaya yang harus disediakan untuk membangun dan mengembangkan platform e-procurement yang besarnya bisa mencapai milyaran rupiah, dan kebutuhan SDM atau tim pengelola yang bisa menjadi beban baru bagi manajemen. Untuk itu Mbiz menghadirkan tiga solusi solusi utama, yaitu solusi transaksional, direktori, dan e-procurement.

“Misi Mbiz adalah memberi solusi efektif bagi perusahaan atau organisasi agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan di bidang pengadaan tersebut. Platform Mbiz kami desain sebagai marketplace B2B yang tak sekadar menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli, namun juga dilengkapi dengan solusi e-procurement end-to-end, sehingga terbuka juga untuk seluruh ekosistem pengadaan seperti manajemen supply maupun lembaga pembiayaan. Perusahaan dan organisasi dapat memanfaatkan fitur-fitur Mbiz.co.id maupun Mbizmarket tanpa dikenakan biaya,” ujar Herdian Yoki, Chief Technology Officer (CTO), Mbiz.

Baca juga :   Mbiz Jadi Rekanan BUMN dalam Pengadaan Barang Online

Menurut Herdian, Mbiz tak sekadar menjadi platform untuk pengadaan produk atau barang, namun juga untuk pengadaan berbagai jasa untuk kebutuhan bisnis. Lengkapnya solusi yang dihadirkan Mbiz menjadikan platform ini disebut sebagai pionir sekaligus trendsetter di kancah Marketplace B2B.

“Mengapa disebut sebagai trendsetter? Sebab, Mbizmarket adalah marketplace B2B pertama di Indonesia yang menawarkan langsung tiga solusi utama, yaitu solusi transaksional, direktori, dan e-procurement, untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan dalam pengadaan B2B secara digital,” katanya.

Dia memaparkan, Solusi transaksional memberikan pilihan-pilihan sistem yang memudahkan pembeli dan penjual dalam bertransaksi B2B untuk kepentingan pengadaan. Solusi ini meliputi opsi pembayaran berjangka (Terms of Payment), sistem pembelian kontraktual untuk pembeli, serta sistem pendanaan lewat pinjaman atau pembiayaan dari mitra finansial Mbiz.

Sementara, solusi direktori memudahkan pembeli untuk menemukan penjual dari seluruh pelosok Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa. Solusi ini juga membantu penjual untuk memasarkan produk dan layanan jasa mereka secara digital. Mbiz menyediakan ruang bagi beragam barang dan jasa lewat penyediaan katalog Mbizmarket yang terdiri dari 10 kategori barang (alat kantor, alat industri, dan lain-lain), dan 9 kategori jasa (tenaga spesialis, instalasi/pemeliharaan, hingga barang terkustomisasi).

Baca juga :   Mbiz Fokus Garap Bidang Pengadaan Barang & Jasa

“Penyediaan kebutuhan jasa pada platform marketplace B2B merupakan terobosan baru yang digagas oleh Mbiz,” ujarnya.

Solusi e-procurement yang hadir dalam ekosistem Mbizmarket juga disediakan selengkap di platform pendahulunya, Mbiz.co.id. Kini, pebisnis skala kecil dan menengah dapat mengadopsi sistem e-procurement pada bisnis mereka. Sebagai enabler terselenggaranya e-procurement, Mbizmarket diharapkan bisa memberikan edukasi kepada para pebisnis pemula tentang pentingnya pencatatan dan penyimpanan dokumen dari seluruh transaksi secara digital.

STEVY WIDIA