Mitra Bukalapak Dorong Transformasi Warung lewat Mitra Mentorship Program

Mitra Bukalapak

Semangati Pemilik Warung Agar Bertumbuh di Tahun Baru, Mitra Bukalapak Gelar SPEKTA (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk mendukung perkembangan bisnis warung di Jawa Timur, penyedia platform online-to-offline (O2O) Mitra Bukalapak, memperkenalkan Mitra Mentorship Program.

Mitra Mentorship Program dirancang untuk mendorong para pemilik warung dan agen individu yang tergabung di Mitra Bukalapak terus berinovasi dan bertransformasi, serta mengatasi berbagai tantangan pengembangan bisnis.

Melalui program ini, para Mitra Bukalapak juga bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan mereka bersaing dengan ritel modern, hingga dapat meningkatkan pendapatan secara signifikan.

Mitra Mentorship Program mengadopsi pendekatan “Dari Mitra, Untuk Mitra” guna memperkaya pengetahuan serta mengasah kemampuan berbisnis para Mitra Bukalapak. Dengan  sistem mentor dan mentee, Mitra berpengalaman seperti Achmad Khuzaini atau yang akrab disapa Jay, berperan sebagai mentor yang aktif memberikan pendampingan berupa masukan dan tips bisnis bagi para pemilik warung lainnya secara intensif melalui forum online.

Para mentee dalam program ini berkesempatan untuk mendapatkan edukasi dari mentor terkait pengelolaan bisnis warung, mulai dari cara mewujudkan warung yang bersih, rapi, dan canggih, hingga bagaimana memasarkan barang jualan agar keuntungan meningkat.

Di akhir program, seluruh mentee diajak menjalankan misi untuk mentransformasi warungnya masing-masing dari segi tampilan, sistem pelayanan, dan lain-lain. Hasil dari transformasi ini harus ditampilkan melalui foto yang dikirimkan ke tim Mitra Bukalapak.

“Pendekatan dari mitra untuk mitra seperti ini lahir dari pemahaman bahwa pemilik warung dapat belajar lebih efektif ketika diajak berbagi pengalaman dan tips oleh sesama mereka. Metode ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih terhubung, di mana para pemilik warung dapat berbagi cerita tentang tantangan yang sama dalam berbisnis dan membagikan solusi nyata. Ini adalah langkah kami dalam mendukung kesetaraan dan memberikan peluang yang adil bagi pelaku bisnis  mikro, khususnya pemilik warung di Indonesia untuk bertumbuh secara berkelanjutan,” kata Becquini Akbar, VP Mitra Operations & Commerce, Kamis (16/11/2023).

Mitra Bukalapak terus berkomitmen memberdayakan para pemilik warung lewat edukasi di Komunitas Juwara, komunitas pemilik warung terbesar di Indonesia. Komunitas ini memiliki lebih dari 137.000 anggota yang tersebar di 50 kabupaten/kota.

Untuk program di Jawa Timur ini, Liya Wahyuningsih asal Malang, terpilih sebagai mentee dengan transformasi terbaik sehingga berhak  mendapatkan hadiah smartphone untuk menunjang bisnis dan transformasi warungnya.

Liya mengaku turut mengalami transformasi signifikan karena berhasil mengembangkan usaha dari satu meja di teras rumah jadi warung tetap, setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak di tahun 2019.

“Lewat Mitra Mentorship Program ini, saya juga dapat mengeksplorasi lebih banyak pengetahuan terkait penataan etalase dan rak, penampilan produk, hingga strategi promosi yang membuat warung saya jadi lebih menarik dan efektif dalam menarik pelanggan. Sejak bergabung dengan Mitra Bukalapak, pendapatan saya mengalami peningkatan hingga 10x lipat dan saya percaya, program ini bisa membawa keuntungan warung yang lebih baik lagi untuk saya dan keluarga,” ucap Liya.

 

HENNI S.

Exit mobile version