Selasa, 21 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

OLX dan Elevenia Bersinergi

14 Juni 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
OLX dan Elevenia Bersinergi

Program #UpgradeJadiHepi. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - OLX dan Elevenia, dua e-commerce dengan model bisnis berbeda, bersinergi lewat program #UpgradeJadiHepi.

Program yang berlangsung sejak 13 Juni 2016 sampai 25 Juli 2016 ini bermaksud untuk meningkatkan trafik maupun transaksi di kedua belah pihak. Caranya, setiap pengguna yang menggunakan fitur premium di OLX akan mendapatkan voucher diskon belanja di Elevenia sebesar Rp 150.000.

“E-commerce di Indonesia banyak yang tidak konsisten memilih model bisnis. Lebih baik sederhana saja, daripada banyak kompetitornya. Kami akan konsisten dengan C2C exchange dan Elevenia dengan marketplacenya,” kata Daniel Tumiwa, Chief Executive Officer OLX Indonesia belum lama ini di Jakarta.

“Kami tidak akan masuk ke penjualan barang bekas seperti OLX, makanya kami kerja sama dengan OLX,” tambah Madeleine Ong De Guzman, Vice President Marketing Elevenia

Baca juga :   Tongdun Dapat Izin OJK Sebagai Fintech

Promosi ini memanfaatkan perilaku konsumen menjelang Ramadan. Biasanya sebelum Ramadan, masyarakat menjual barang miliknya untuk di-upgrade jadi barang baru. Umumnya, handphone yang sekarang dimiliki dijual supaya uangnya bisa digunakan untuk membeli yang baru.

David Alexander, Head of Business Development OLX Indonesia menjelaskan, OLX sebagai situs iklan baris mengambil peran dimana penjual bisa menjual barang bekasnya dengan fitur premium OLX. Kemudian, dengan voucher yang diperoleh, mereka bisa berbelanja barang baru di marketplace di Elevenia.

Keuntungan bagi OLX, program ini bisa mendongkrak jumlah penjual premium yang masih belum banyak. Saat ini jumlahnya baru 5% dari total 4 juta iklan yang tayang di OLX tiap bulannya.

Baca juga :   Bukalapak Fokus Ekspansi Merchant dan Pengembangan Inovasi di 2021

Tidak hanya meningkatkan pengguna premium, jumlah transaksi secara keseluruhan pun diharapkan ikut meningkat. “Target kami jumlah transaksinya naik 30% selama bulan Ramadan,” kata David.

Fitur premium yang dimiliki OLX mempercepat masa penjualan. Dengan kesempatan tayang paling atas selama sepekan, barang bisa terjual empat kali lebih cepat dibanding yang freemium.

Sementara, bagi Elevenia dengan adanya program ini tidak hanya meningkatkan jumlah transaksi tapi juga bisa membantu meningkatkan trafik situs.

“Kalau dari kami, keuntungannya didapat dari new buyer dan memperluas channel penjualan kami,” kata Madeleine.

Program ini diharapkan membantu Elevenia mencapai target sepanjang Ramadan. “Ramadan kali ini kami perkirakan jumlah transaksinya dan trafik jadi double dibanding bulan biasanya,” jelas Madeleine.

Baca juga :   Zalora Gandeng Berrybenka Untuk Perluas Pasar

Kerja sama ini didorong oleh keterbatasan keduanya. Sebagai situs iklan baris yang sudah memiliki trafik tinggi, sulit bagi OLX untuk meningatkan lagi trafiknya. Demikian juga Elevenia yang kesulitan berkompetisi dengan marketplace sejenis.

“OLX sudah masuk monetisasi dan mereka mulai berupaya meningkatkan pendapatan. Sebagai e-commerce nomor satu, mereka sudah mendapatkan cukup banyak pelanggan. Sedangkan pasar kami tidak terlalu besar karena sudah terlalu banyak pemain marketplace,” kata James Lee, Chief Executive Officer Elevenia.

James mengatakan, di tengah persaingan e-commerce, tidak bisa semua pemain bisa bertahan. Makanya perlu ada kerja sama antar pemain.“Dengan model bisnis dan profil konsumen yang berbeda, kami bisa bersinergi,” ujarnya.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceEleveniaOLXsinergi
Previous Post

Komputasi Awan Efisienkan Bisnis Teknopreneur

Next Post

Telkom Raih Corporate Image Award 2016

Related Posts

Tahun 2022, Insurtech Fuse Bukukan Pendapatan Premi Kotor Rp3 Triliun
News

Tahun 2022, Insurtech Fuse Bukukan Pendapatan Premi Kotor Rp3 Triliun

21 Maret 2023
0
Jonathan Sudharta
News

Halodoc Mampu Optimalkan Inovasi Teknologi dalam Tangani COVID-19

21 Maret 2023
0
Telkomsel x Volta
News

Telkomsel Gandeng Volta, Hadirkan Program Bundling Motor Listrik Dengan Paket Kuota Data

21 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Telkom Raih Corporate Image Award 2016

Telkom Raih Corporate Image Award 2016

Tokopedia Bisa Dibayar di Kantor Pos

Tokopedia Bantu Pebisnis Online Lewat Modal Pinjaman

Keset Bambu Antibakteri dari IPB

Keset Bambu Antibakteri dari IPB

Discussion about this post

Berita Terbaru

Tahun 2022, Insurtech Fuse Bukukan Pendapatan Premi Kotor Rp3 Triliun

Tahun 2022, Insurtech Fuse Bukukan Pendapatan Premi Kotor Rp3 Triliun

21 Maret 2023
0
OVO x Alfamart

Dorong Penggunaan QRIS, OVO Gandeng Alfamart

21 Maret 2023
0
Jonathan Sudharta

Halodoc Mampu Optimalkan Inovasi Teknologi dalam Tangani COVID-19

21 Maret 2023
0
Telkomsel x Volta

Telkomsel Gandeng Volta, Hadirkan Program Bundling Motor Listrik Dengan Paket Kuota Data

21 Maret 2023
0
Etana

Raih Investasi Baru, Startup Biofarmasi Etana Siap Jadi Produsen Bahan Baku Obat Biologi

21 Maret 2023
0
GoTo Manajemen

Kuartal Keempat 2022, Group GOTO Bukukan Pendapatan Kotor Sebesar Rp6,3 Triliun

20 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version