Pameran Otomotif Dapat Perkuat Industri dan Investasi

ilustrasi industri otomotif

YOUNGSTER.id - Pameran otomotif dinilai menjadi salah satu pendorong industri otomotif dan penguat aliran investasi. Termasuk mendorong pelaku industri peserta pameran, terutama pabrikan, untuk turut memberikan edukasi tentang perkembangan industri otomotif nasional.

“Saya juga minta pabrikan mengedukasi pengunjung pameran dan konsumen, tentu tidak dengan bahasa formal dan industri otomotif keseluruhan,” kata Saleh Husin Menteri Perindustrian melalui siaran pers Rabu, (1105/2016).

Saleh meminta agar pabrikan menyampaikan bagaimana sebagian ataupun keseluruhan mobil tipe A, B, C telah diproduksi di Indonesia. Menurutnya, memang perlu proses, namun harus dimulai dari informasi lalu berlanjut menjadi rasa bangga pada produk industri nasional.

Dalam jangka panjang, dia menekankan, sebenarnya hal ini juga membantu pabrikan mendapat kepercayaan konsumen karena industri otomotif sendiri tengah mendongkrak tingkat penggunaan komponen lokal dan investasi otomotif.

Ke depan, hal ini diharapkan menumbuhkan preferensi konsumen pada produk industri nasional, apalagi, Indonesia terus menempel, mengejar, dan memenangi persaingan dengan industri otomotif negara lain di ASEAN, seperti Thailand.

Menteri Saleh juga mengapresiasi penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-24 tahun 2016 yang digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan. Dia mengingatkan agar pelaku industri peserta pameran, terutama pabrikan, turut memberikan edukasi tentang perkembangan industri otomotif nasional.

 

STEVY WIDIA