Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pelaku UMKM Perlu Pembekalan Pemasaran Digital

18 Oktober 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Pelaku UMKM Perlu Pembekalan Pemasaran Digital

Syahnan Phalipi Ketua Umum Hipmikindo. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pemerintah mencanangkan Digitalisasi 2020. Para pelaku usaha termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus siap menghadapi perubahan di era digital ini. Untuk itu Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) dan konsultan komunikasi global, PRecious Communication mengadakan sesi lokakarya bersama pelaku UMKM terpilih mengenai digitalisasi pemasaran produk dan jasa.

Syahnan Phalipi Ketua Umum Hipmikindo mengatakan, potensi UMKM di Indonesia sangat kuat. Hingga tahun 2017, UMKM telah menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 60,34% pada Produk Domestik Bruto (PDB). Selain menyumbang PDB Indonesia secara signifikan, sektor UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja mencapai 97%.

“Kita harus mendorong UMKM agar siap untuk menyambut digitalisasi melalui revolusi 4.0 karena persaingan di pasar yang semakin kompetitif. Era ini menghadirkan peluang yang besar untuk digarap asalkan sektor ini punya kesiapan yang matang. Bukan hanya dana, tapi juga keahlian yang dibutuhkan untuk menghadapi kompetisi global,” tutur Syahnan dalam keterangannya, Rabu (17/10/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Kemristekdikti Kucurkan Rp 113 Miliar Untuk Startup

Menurut dia, pasar e-commerce baik di Indonesia maupun di kawasan Asia Pasifik diprediksi akan tumbuh pesat hingga dua digit pada tahun 2020. “Oleh sebab itu langkah pemerintah yang telah menggandeng beberapa pihak badan dan institut lain untuk memajukan UMKM harus ditiru. Saatnya kami turut berkolaborasi membekali pelaku UMKM dengan strategi pemasaran digital,” ucap Syahnan.

Menurut dia para pelaku UMKM perlu mengetahui tentang peralihan dari strategi pemasaran yang tradisional menuju digital termasuk penggunaan sosial media untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu taktik kehumasan sebagai sarana pemasaran yang efisien dan efektif, pengumpulan dan analisis data pasar dan konsumen serta pemahaman tentang Hak Kekayaan Intelektual untuk mencegah adanya legal dispute di kemudian hari.

Baca juga :   Usaha Rintisan Ini Bantu Percepat Digitalisasi UMKM

“Potensi-potensi yang ada di UMKM ingin kami memaksimalkan, kami bekerjasama dengan beberapa pihak seperti PRecious Communication dan Koperasi Kombes (Komunikasi Betawi Bersatu) untuk mengikutsertakan para pelaku UMKM menjadi peserta. Sesi ini juga menjadi sarana networking bagi peserta,” imbuh Syahnan.

Syahnan meyakini bahwa dengan adanya sesi seperti ini, UMKM akan semakin melek digital dan mulai meninggalkan tradisional marketing untuk kemudian menerapkan digital marketing; memasarkan produk dan jasa hingga lintas benua dengan memanfaatkan aset-aset dan kemampuan digital mereka.

“Peningkatan daya saing ini diharapkan mampu menjadi amunisi pelaku UMKM bersaing di tingkat global hingga menjadi pemenang global. Diharapkan sinergi serta kolaborasi berkelanjutan sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM,” tutup Syahnan.

Baca juga :   SEED Award Dorong Inovasi Rendah Karbon di Indonesia

STEVY WIDIA

Tags: digitalisasi 2020Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo)usaha mikro kecil menengah (UMKM)
Previous Post

IndonesiaNEXT, Dorong Peningkatan Keahlian Generasi Muda

Next Post

Program SCG Excellen Internship Pilih 11 Mahasiswa Indonesia Magang Internasional

Related Posts

digitalpreneur
Headline

Usaha Rintisan Ini Bantu Percepat Digitalisasi UMKM

24 Januari 2022
0
Batumbu Maucash
Headline

Fintech AWDA Gandeng Batumbu Salurkan Pinjaman Produksi Rp100 miliar Bagi UMKM

6 September 2021
0
belanja online
Headline

Pelaku e-Commerce Fokus Dukung UMKM Lokal Hadapi Pandemi

29 April 2021
0
Load More
Next Post
Program SCG Excellen Internship Pilih 11 Mahasiswa Indonesia Magang Internasional

Program SCG Excellen Internship Pilih 11 Mahasiswa Indonesia Magang Internasional

Tencent Siap Gelar Grand Final PUBG Indonesia

Tencent Siap Gelar Grand Final PUBG Indonesia

Founda Ajak Milenial Berbisnis

Founda Ajak Milenial Berbisnis

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version