Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Pemilik Bisnis Atau UMKM Perlu Dengar Suara Pelanggan

19 Desember 2020
in News
Reading Time: 2 mins read
Pemilik Bisnis Atau UMKM Perlu Dengar Suara Pelanggan

Niaa gelar webinar Customer Meet-Up. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berbisnis bukan hanya sekedar aktivitas jual-beli yang menghasilkan keuntungan. Demi menciptakan sebuah bisnis yang tahan lama, faktor-faktor lain seperti branding, pemasaran yang efektif, inovasi, promosi yang kreatif sangat penting dibangun. Bisnis yang mengutamakan kedekatan dengan pelanggan akan mendapatkan tempat khusus di hati pelanggan.

Untuk itu Niagahoster memberi ruang para pelanggan untuk saling belajar dan mendiskusikan tentang membangun bisnis hingga digital marketing. Perusahaan penyedia layanan web-hosting ini  secara khusus melibatkan pelanggan di acara Customer Meet-Up bertema “From Customer For Customer”.

“Ada istilah yang dinamakan customer obsessed (terobsesi pada konsumen). Artinya, apa yang diinginkan, dibutuhkan, dirasakan, dan dikeluhkan pelanggan harus menjadi perhatian kita. Hal ini berlaku untuk bisnis level makro hingga bisnis UKM.” kata Ade Syah Lubis, CEO Niagahoster dalam siaran pers nya Jumat (18/12/2020).

Baca juga :   Quipper School Capai 4 Juta Pengguna

Ade mamaparkan, bisnis UKM pun dapat mulai menggali data dengan rajin mencatat dan mendokumentasikan jumlah pembeli harian, stok barang, hingga bereksperimen dengan promo. Kombinasikan data internal toko dengan media promosi digital agar bisnis lebih dapat dikenal oleh target pasar yang sesuai.

“Pemilik bisnis harus menerima review negatif dari pelanggan, karena (hal itu) merupakan testimony jujur yang harus dihargai. Tantangan kita (sebagai pemilik bisnis) adalah bagaimana kita menangani review negatif tersebut dengan pendekatan yang personal, ramah, dan solutif bagi setiap permasalahan yang ditemui pelanggan.” kata Ade.

Menurutnya, selain menjaga kualitas produk, menjalin kedekatan personal dengan pelanggan adalah kunci branding bisnis tetap terjaga. Dalam acara Customer Meet-Up, sebanyak lebih dari 150 pelanggan Niagahoster secara bebas dan terbuka dapat menyampaikan apresiasi hingga masukan langsung kepada perusahaan. Ade berpendapat, temu pelanggan ini sudah seharusnya menjadi agenda rutin setiap pemilik bisnis untuk membangun relasi yang berkelanjutan dengan pelanggan.

Baca juga :   Panasonic Gandeng Anchanto Untuk Ekspansi e-Commerce di Asia Pasifik

“Karena itu, mendengarkan suara pelanggan sama dengan membangun kepercayaan mereka terhadap brand. Di titik ini pemilik bisnis dapat melakukan berbagai gimmick, contohnya dengan membuat sistem membership, poin, reward, memberikan bingkisan, dan lainnya,” imbuhnya.

“Sebagai kesimpulan, apa kata pelanggan menjadi penentu perjalanan sebuah bisnis, baik di level makro maupun mikro. Dampak dari sebuah testimony tidak hanya akan memberikan keuntungan pendapatan yang signifikan, tetapi juga dapat membangun branding jangka panjang untuk kelangsungan bisnis di masa depan,” pungkas Ade.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: bisnis UKMCustomer Meet-UpNiagahoster
Previous Post

Gojek Group Jadi Pemegang Saham Baru di Bank Jago

Next Post

Agate Hadirkan Gamifikasi untuk Kesehatan Mental

Related Posts

website
News

Cloud Hosting, Solusi Bagi UMKM dan Pebisnis Online dengan Trafik Website Tinggi

18 Februari 2022
0
pusat data
News

Memahami Pentingnya Peran Data Center dari Peristiwa Kebakaran Gedung Cyber

7 Desember 2021
0
Talenta digital
News

Talenta Digital Harus Dipersiapkan Dari Sekarang

24 Agustus 2021
0
Load More
Next Post
Agate Hadirkan Gamifikasi untuk Kesehatan Mental

Agate Hadirkan Gamifikasi untuk Kesehatan Mental

Ekspansi Ke Indonesia Restoran Meksiko Ini Buka Gerai Yang Instagramable

Ekspansi Ke Indonesia Restoran Meksiko Ini Buka Gerai Yang Instagramable

Tren Hallyu Dongkrak Penjualan di Blibli Histeria 12.12

Tren Hallyu Dongkrak Penjualan di Blibli Histeria 12.12

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version