Sabtu, 15 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pemilik Warung Kopi Ini Bisa Raih Omset Besar Lewat Ekosistem Digital

27 Agustus 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Mitra Shopee

Mitra Shopee Yusuf Syarifudin. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengalami dampak besar di masa pandemi Covid-19. Tetapi mereka juga yang  punya daya tahan kuat dan segera bangkit kembali. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Riset World Bank menyebutkan 80% UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di tengah pandemi. Salah satunya adalah Yusuf Syarifudin alias Bang Jack yang mengubah warung kopi miliknya menjada warung serba ada.

“Awalnya sempat ragu untuk berjualan menggunakan aplikasi dan handphone, karena saya tidak cukup pandai menggunakan teknologi. Namun, saya melihat ada peluang dari menggunakan aplikasi dan teknologi,” ungkap Bang Jack dalam siaran pers Shopee, Sabtu (27/8/2022).

Bang Jack pun memutuskan menjadi Mitra Shopee dan mengubah warugn kopinya menjadi warung serba ada dengan berbagai produk digital yang dibutuhkan masyarakat. “Berkat saran dari banyak pelanggannya, saya menggunakan layanan Mitra Shopee. Melalui ini saya bisa menghadirkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay. Semua ini membantu saya menarik lebih banyak pelanggan,” katanya.

Baca juga :   Sinergi Telkomsel - Gojek Dukung Digitalisasi UMKM dan Produktivitas Mitra Driver

Berkat itu, usahanya berkembang pesat. Menurut Bang Jack, varian produk yang ditawarkan banyak dengan harga yang bersaing. Selain itu, banyak tetangga yang banyak belum memiliki rekening bank bisa terbantu untuk isi saldo ShopeePay dengan mudah dan tanpa biaya admin dan tak perlu ke ATM. “Semuanya lengkap tersedia di warkop saya berkat Mitra Shopee,” ujarnya.

Kini Bang Jack bisa meraup omzet bulanan hingga belasan juta rupiah. Bang Jack percaya orang lain pun bisa menangkap peluang yang sama seperti dirinya, terlebih lagi dengan kemudahan teknologi dan akses internet saat ini. “Saya ingin membuktikan bahwa dengan tidak menyerah dengan keadaan, kita bisa bertahan dan maju di ibukota. Yang terpenting adalah kemauan untuk lebih gigih mencoba berbagai peluang yang ada di hadapan kita,” tutup Bang Jack.

Baca juga :   Telkomsel Dukung Ekosistem Digital di Kampus

Berikut langkah mudah untuk mengembangkan usahanya:

Jeli dalam melihat peluang yang ada

Di era yang serba digital saat ini, semua orang bisa memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari peluang usaha tambahan. Seperti halnya Bang Jack yang berhasil menyulap warung kopinya menjadi warung serba ada. Kecermatannya dalam mendengar masukkan tetangga dan kebutuhan pelanggan di sekitarnya pun mampu membantunya untuk mendapat penghasilan tambahan dengan bermodalkan handphone dan aplikasi Mitra Shopee.

Fokus dalam mengembangkan usaha

Bang Jack percaya bahwa dalam berwirausaha, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Harus selalu memotivasi diri untuk mengembangkan usaha tumbuh lebih besar lagi. Tentukan target yang harus dicapai setiap tahunnya, misalnya saja menambah varian produk dan layanan untuk pelanggan. Bang Jack pun menyebutkan bahwa dengan adanya layanan isi saldo ShopeePay dan pembayaran pesanan Shopee di Mitra Shopee, ia bisa menjangkau banyak pelanggan dari kalangan anak muda dan ibu-ibu di sekitarnya.

Baca juga :   Dukung UMKM Indonesia, BCA Luncurkan Program Bangga Lokal

Aktif melakukan promosi

Tak hanya menambah varian produk, untuk bisa dikenal banyak pelanggan atau konsumen, kita harus memaksimalkan promosi agar semakin banyak masyarakat sekitar yang tahu tentang bisnis kita dan menarik minat mereka untuk menjadi pelanggan. Dalam hal promosi, Bang Jack mengandalkan banner serta promosi dari mulut ke mulut. Banyaknya pengemudi ojek atau layanan pesan antar makanan online yang mampir ke warungnya pun menjadi sarana promosi ke lebih banyak pengemudi lainnya. Testimoni harga di warkop Bang Jack yang jauh lebih murah dan lengkap dibanding lainnya pun kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnisnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: ekosistem digitalmitra shopeeUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Indonesia Kini Punya Pusat Data Online Kolokasi Jaringan Ramah Lingkungan

Next Post

Empat Langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Related Posts

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global
News

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global

5 November 2025
0
Grup GoTo
Headline

Didukung Efisiensi dan AI, Pertama Kalinya Laba Operasional Kuartalan GoTo Melampaui Target

30 Oktober 2025
0
Google.org Kucurkan Hibah US$7 Juta Untuk Percepat Ekonomi AI dan Ketahanan Pangan di ASEAN
Headline

ASEAN Foundation Gelar Pelatihan AI Bagi 100 RIbu Pelaku UMKM di Kawasan Asia Tenggara

6 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Social Media Marketing

Empat Langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Tecno Spark 9T

Smartphone Ini Tawarkan Pengalaman Swafoto Terbaik bagi Anak Muda

cybercrime

Ransonware Jadi Ancaman Siber Nomor Satu bagi Organisasi

Discussion about this post

Recent Updates

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
Agrinas Jaladri

Agrinas Jaladri Dorong Model Kemandirian Pangan dan Ekonomi Desa Lewat TJSL Berbasis Digital

15 November 2025
skandal crowde

Ketika Modal Petani Menguap: Mengurai Skandal dan Kejatuhan Crowde

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
Agrinas Jaladri

Agrinas Jaladri Dorong Model Kemandirian Pangan dan Ekonomi Desa Lewat TJSL Berbasis Digital

15 November 2025
skandal crowde

Ketika Modal Petani Menguap: Mengurai Skandal dan Kejatuhan Crowde

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version