Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pendekatan Strategis untuk Mengatasi Perang Harga di Pasar Indonesia

3 Juli 2024
in News
Reading Time: 2 mins read
belanja online

Pendekatan Strategis untuk Mengatasi Perang Harga di Pasar Indonesia (Foto: Ilustrasi/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pentingn bagi brand lokal melakukan pendekatan strategis untuk bertahan dan berkembang  di  tengah  perang harga yang semakin agresif pada lanskap e-commerce Indonesia yang sangat kompetitif.

Fenomena perang harga ini merambah hampir semua kategori, mulai dari fashion hingga produk kecantikan dan perawatan kulit, membuat brand lokal menghadapi tantangan besar dari kompetitor domestik maupun internasional, terutama dari China dan Korea yang memperburuk persaingan harga di sektor ini.

Perang harga yang kian sengit tidak hanya menuntut brand untuk bersaing dalam hal harga, tetapi juga strategi yang inovatif dan efisien.

Melisa Andriani, General Manager Luxcrime, mengungkapkan bahwa perang harga pasti akan terjadi di semua sektor, terutama sektor fast moving atau FMCG, salah satunya di industri kecantikan.

“Banyak brand masuk dengan menawarkan harga yang murah dengan klaim yang tidak kalah hebat. Namun bukan berarti kita sebagai brand harus terbawa arus dengan melakukan strategi yang sama,” kata Melisa, dikutip Rabu (3/7/2024).

Baca juga :   Warung Rakyat Akan Jadi Agen E-voucher Bantuan Pangan

Luxcrime, salah satu brand dalam portofoli Hypefast, percaya bahwa dalam menjual kosmetik, brand harus tahu siapa target konsumennya dan apa yang konsumen inginkan.

“Luxcrime menargetkan konsumen dewasa muda yang kritis dan aktif di media sosial. Maka, kami membuat inovasi produk lewat bentuk packaging yang unik dan mudah dikenali,” tambah Melisa.

Pendekatan ini terbukti efektif. Luxcrime dikenal sebagai brand yang selalu berinovasi dan mendengarkan kebutuhan konsumennya. Meskipun produk Luxcrime bukan yang termurah, brand ini tetap tumbuh pesat dengan tingkat loyalitas pelanggan yang tinggi.

Data dari Shopee menunjukkan bahwa 37% pelanggan Luxcrime yang membeli di platform tersebut adalah pelanggan loyal.

“Pada akhirnya, pelanggan loyal adalah aset pemasaran terbaik dari brand itu sendiri,” ungkap Melisa.

Denny Gunawan, Co-Founder Nyonya Piyama, salah satu brand portfolio Hypefast, juga memberikan wawasan berharga tentang pentingnya strategi inovatif dan berfokus pada nilai dalam menghadapi perang harga. “Product market fit sangatlah penting; tidak ada istilah brand dapat menjual produknya ke semua orang dari seluruh kalangan. Brand lokal harus mampu terus berinovasi dan memastikan produk yang ditawarkan tak hanya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen, namun juga terus memiliki peningkatan juga nilai produk yang kuat,” jelasnya.

Baca juga :   Stephanie Indrajaya, Desainer Fashion Itu Harus Punya Cita Rasa dan Strategi Keberlanjutan

Di tengah pertempuran perang harga yang semakin intens di ranah retail Tanah Air, strategi bisnis Nyonya Piyama yang berfokus pada nilai pun mendapatkan respon positif dari para konsumennya. Hal ini dibuktikan dari peningkatan penjualan produk-produk Nyonya Piyama yang melonjak hampir 50% dibandingkan tahun lalu.

“Sebagai pemilik brand lokal, saya sangat menghindari perang harga yang tidak akan ada habisnya, dan justru mementingkan perang nilai yang berfokus untuk memberikan penawaran dan pelayanan terbaik bagi konsumen. Dalam value war, harga hanya salah satu senjata; masih banyak senjata lainnya. Sebagai  contoh,  brand  dapat  memberikan  penawaran  unik  yang  sulit untuk ditandingi kompetitor. Konsumen yang dimenangkan lewat perang harga cenderung tidak setia, tetapi konsumen yang dimenangkan dari perang nilai punya loyalitas yang jauh lebih tinggi karena mereka tak sekadar mempertimbangkan harga murah.”

Baca juga :   Festival Bangga Lokal 17.8, Jadi Wadah UMKM Shopee Untuk Kembangkan Bisnis

Melihat begitu dinamisnya tren pasar dan kompetisi untuk memenangkan hati pelanggan di antara pemain retail Tanah Air, CEO dan pendiri Hypefast, Achmad Alkatiri, turut memberikan komentarnya,

“Dalam menghadapi perang harga yang kian sengit, kami di Hypefast percaya bahwa inovasi dan efisiensi dalam setiap aspek operasional menjadi kata kunci. Brand lokal harus mampu menciptakan nilai unik yang sulit ditandingi oleh kompetitor, baik sesama produk lokal maupun komoditi impor. Nilai ini dapat tercermin dari kualitas dan penawaran produk, hingga bagaimana brand berinteraksi dengan para pelanggannya. Inilah yang akan membuat brand lokal tidak hanya bertahan tetapi juga mampu berkembang pesat di tengah persaingan yang semakin ketat,” tutup Achmad.

 

HENNI S.

Tags: brand lokalHypefastlanskap e-commercePerang Harga
Previous Post

Fokus Jadi Omnichannel Commerce, Blibli Kembangkan Banyak Solusi Layanan

Next Post

Indosat Business Punya Solusi Teknologi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Industri Hulu Migas

Related Posts

Stephanie Indrajaya, Desainer Fashion Itu Harus Punya Cita Rasa dan Strategi Keberlanjutan
Creativepreneur

Stephanie Indrajaya, Desainer Fashion Itu Harus Punya Cita Rasa dan Strategi Keberlanjutan

14 Juli 2025
0
Yisti Yisnika, Mulai dari Bisnis Jastip Hingga Bangun Brand Fashion Lokal
Creativepreneur

Yisti Yisnika, Mulai dari Bisnis Jastip Hingga Bangun Brand Fashion Lokal

13 Juni 2025
0
Achmad Alkatiri
Headline

Raih Profitabilitas Penuh di 2024, Hypefast Dorong Ekspansi Brand Lokal di Asia Tenggara

21 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Indosat Business Punya Solusi Teknologi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Industri Hulu Migas

Indosat Business Punya Solusi Teknologi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Industri Hulu Migas

Sukmawati Bachtiar

Sukmawati Bactiar: Kembangkan Bisnis Kecantikan Ke Berbagai Lini

shopee pilih lokal

Fitur Shopee Pilih Lokal Tarik 29 Juta Pengunjung Selama Paruh Pertama 2024

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version