youngster.id - Untuk memperkuat kehadirannya di segmen akomodasi premium di Indonesia, penyedia akomodasi OYO neluncurkan merek properti premium terbarunya Palette di Bali.
Hendro Tan, Country Stock and Operation Head OYO Indonesia mengatakan, peluncuran Palette hadir di saat pasar perhotelan premium Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang konsisten. Dengan kembalinya wisatawan internasional dan meningkatnya minat wisatawan domestik untuk berlibur dengan pengalaman berkesan, destinasi seperti Bali, Lombok, dan Labuan Bajo mengalami peningkatan permintaan akomodasi yang melampaui kenyamanan dasar.
“Melalui Palette, kami ingin menjawab ekspektasi wisatawan yang mencari sesuatu yang istimewa selama menginap — kenyamanan, keanggunan, dan pengalaman autentik yang membuat liburan benar-benar tak terlupakan. Bali menjadi titik awal yang ideal untuk merek premium ini. Sebagai destinasi pariwisata utama Indonesia, Bali terus menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya yang menginginkan akomodasi berkelas dunia dengan layanan terbaik,” ujar Hendro, dikutip Selasa (8/7/2025).
Menurut proyeksi pasar, sektor hotel mewah di Indonesia mencapai nilai USD 6 miliar pada 2024 dan diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar USD 6,9 miliar pada 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) lebih dari 7,5% hingga 2030. Kampanye pemerintah seperti pariwisata “quality over quantity” dan program “10 Bali Baru” mengarahkan pertumbuhan pasokan ke arah properti kelas atas yang berkelanjutan dan berfokus pada wellness, khususnya di destinasi baru seperti Labuan Bajo dan Sumba.
Wisatawan, khususnya keluarga dan generasi muda dengan daya beli tinggi, kini semakin mencari pengalaman menginap yang unik, layanan yang lebih personal, dan fasilitas pendukung yang membuat liburan terasa lebih istimewa. Setiap properti Palette dirancang dengan kamar bergaya modern dan sentuhan hangat yang menghadirkan nuansa elegan. Tamu dapat menikmati fasilitas utama seperti kolam renang dan pilihan restoran dengan ragam menu mulai dari hidangan lokal hingga internasional. Sebagai brand premium, Palette menawarkan konsep boutique hotel atau resort dengan standar layanan dan desain yang menekankan kenyamanan, estetika, dan suasana menginap yang berkesan.
Ekspansi OYO ke segmen premium juga mencerminkan perubahan preferensi wisatawan di Indonesia dan kawasan regional. Studi terbaru menunjukkan bahwa permintaan akomodasi kelas atas telah pulih dengan kuat sejak pembukaan kembali perbatasan, dengan tamu yang kini lebih mengutamakan layanan personal, fasilitas wellness, dan pengalaman unik yang mengubah masa menginap biasa menjadi kenangan berharga.
OYO terus mendiversifikasi portofolionya secara global dengan memadukan keterjangkauan, kualitas, dan kini kehadiran yang lebih kuat di kategori premium untuk menjawab kebutuhan tamu yang terus berkembang. Melalui Palette, OYO menegaskan visinya untuk menjadi mitra perhotelan pilihan bagi wisatawan yang mencari pengalaman menginap istimewa di Indonesia maupun di seluruh dunia.
OYO menargetkan untuk memperluas merek Palette ke destinasi wisata lainnya di Indonesia dengan total target 20 properti hingga akhir tahun ini. Dengan meningkatnya tren penginapan premium, Palette dirancang untuk menjawab kebutuhan ini dengan memadukan desain kamar yang elegan, fasilitas modern yang lengkap, pengalaman kuliner yang dikurasi, serta aktivitas rekreasi yang disiapkan dengan cermat.
HENNI S.