Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pertumbuhan E-commerce di Indonesia 500%

21 Februari 2019
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Ignatius Untung Jadi Ketua Umum idEA yang Baru

Ignatius Untung Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) yang baru. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perkembangan e-commerce di Tanah Air semakin pesat. Hal itu terlihat tren dalam empat tahun terakhir perusahaan yang memasarkan produknya di e-commerce terus meningkat secara signifikan.

Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia ( idEA), Ignatius Untung S mengatakan, pertumbuhan e-commerce di Tanah Air sangat drastis.
“Pertumbuhan e-commerce sangat pesat, dalam empat tahun terakhir tumbuh mencapai 500%,” ucap Ignatius usai peluncuran Pasar idea baru-baru ini.

Menurut Ignatius, adanya pertumbuhan itu akan memberikan dampak dan pengaruh besar pada sisi transaksi penjualan/pembelian dalam e-commerce. Sebab, pengguna internet di Indonesia terbilang besar yakni sekitar 130 juta orang. “Indonesia diprediksi akan punya 12 miliar transaksi e-commerce di tahun 2020,” ujarnya.

Baca juga :   Free Fire Gandeng Habib Ja'far Ajak Para Pemain untuk 'Mabar Tau Waktu' di Bulan Suci

Dia juga mengungkapkan saat ini, Indonesia sudah menempati posisi utama untuk pasar e-commerce kawasan Asia Tenggara dan diperkirakan akan menjadi market terbesar. Sisi lain, jika ditinjau atau dicermati lebih detail, transaksi per pengguna pada e-commerce masih sangat kecil. Inilah yang harus ditingkatkan ke depannya. “Data yang kami peroleh, rata-rata pembelanjaan per user selama setahun itu masih sekitar Rp1.000.000-an dan diprediksi sampai tahun 2023 sampai Rp1.500.000,” ungkapnya.

Namun Ketua idea ini juga mengungkapkan pengguna atau pembeli produk di e-commerce masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan transaksi secara offline. Angka transaksi di e-commerce secara online ini belum sebending dengan jumlah pengguna internet sekitar 130 juta orang. Karena hanya sebesar 11,5% yang menggunakan internet untuk bertransaksi dalam perdagangan elektronik.

Baca juga :   Sinergi Pelaku E-Commerce Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

“Kalau kita ngomong data transaksi online masih kecil sekali, masih single digit, masih dibawah 10% kontribusinya dibandingkan dengan total transaksi offline. Artinya, walaupun penggunannya sudah 11,5%, tapi kalau dari value transaksinya masih ketinggalan. Maka dari itu butuh upaya untuk bagaimana caranya orang bisa digenjot (lebih sering bertransaksi di e-commerce),” kata Ignatius lagi.

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA)e-commerce
Previous Post

Kendala Pengusaha Mikro Susah Naik Kelas

Next Post

Rayi Yanu Tara : Bangun Bisnis Rekayasa IT Berbasis Aplikasi

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Rayi Yanu Tara : Bangun Bisnis Rekayasa IT Berbasis Aplikasi

Rayi Yanu Tara : Bangun Bisnis Rekayasa IT Berbasis Aplikasi

Quipper Siapkan Fitur Untuk SBMPTN 2019

Quipper Siapkan Fitur Untuk SBMPTN 2019

E-commerce Harus Berevolusi Masuki Era Industri 4.0

Ipsos: Perilaku Konsumen Indonesia Masih Konvensional Saat Belanja Online

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version