Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Perubahan Pola Konsumsi Konsumen Selama Pandemi Covid-19

31 Mei 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
JobSmart Hadirkan Aplikasi Mobile

Waktu luang selama PSBB dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan menjelajah internet. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku beli dan pengeluaran belanja masyarakat. Hal itu ditunjukkan pula melalui laporan terbaru dari GfK lewat riset Consumer Pulse pada 500 hingga 100 konsumen dari setiap negara setiap minggunya. Riset ini dilakukan untuk menggali lebih dalam perilaku konsumen saat ini dan di masa mendatang, gaya hidup, dan mood di 30 negara, termasuk Indonesia.

“Hasil riset ini menyediakan informasi mendalam sebagai referensi bagi pelaku bisnis dan pemilik merek di berbagai kategori untuk mengeksplorasi peluang yang dapat memberikan dampak positif,” tutur Regional Lead GfK Digital Research Asia Pasifik dan Timur Tengah, Karthik Venkatakrishnan, dalam keterangan resmi Sabtu (20/5/2020).

Baca juga :   Asus Dominasi Pasar Copilot+ PC di Indonesia dengan 60% Market Share

Adapun salah satu hasil riset ini menunjukkan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat waktu yang dihabiskan masyarakat beraktivitas di luar rumah berkurang 80%. Beberapa responden yang melakukan work from home, 50% di antaranya mengaku melakukannya secara full time.

Catatan yang sama juga berlaku untuk siswa sekolah, sebab ada penerapan kebijakan penutupan sekolah yang dilakukan sejak Maret 2020. Karenanya, 55% responden pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.
Dengan kondisi tersebut, waktu luang yang dimiliki masyarakat Indonesia pun mengalami peningkatan sebesar 51%. Waktu luang itu pun dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah aktivitas.

Beberapa aktivitas itu adalah menjelajah internet, menonton video, membaca atau menonton berita, menonton serial dan drama TV, mendengarkan streaming music, menghubungi keluarga atau kerabat lewat aplikasi video call, dan berbelanja online.

Baca juga :   Penerapan IoT Mampu Memangkas Biaya Opersional

Meski ada peningkatan aktivitas berbelanja online, riset ini menunjukkan setengah dari responden ternyata masih memilih berbelanja langsung di toko dibandingkan belanja melalui kanal daring. Sementara pengeluaran untuk berbelanja online di masa sekarang, ternyata lebih banyak diarahkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, produk kebersihan, dan perawatan pribadi. Peningkatan juga terjadi di kategori lain, seperti hiburan, kecantikan, dan produk keuangan.

Lalu untuk pengeluaran barang-barang elektronik, seperti smartphone, komputer, termasuk peralatan rumah tangga, perawatan mobil hingga jasa renovasi rumah, responden banyak yang memilih untuk menundanya.

STEVY WIDIA

Tags: GfKPola Konsumsi Konsumenriset Consumer Pulse
Previous Post

OlseraPOS Hadirkan Fitur Take Away & Delivery untuk F&B Berjualan Online

Next Post

Norma Bekerja Jarak Jauh Sepanjang Tahun Ala Lenovo

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Tips untuk Bekerja atau Belajar Dari Rumah

Norma Bekerja Jarak Jauh Sepanjang Tahun Ala Lenovo

Koleksi Terbaru UNIQLO X Marimekko Dengan Motif dan Warna Musim Panas

Koleksi Terbaru UNIQLO X Marimekko Dengan Motif dan Warna Musim Panas

Samsung Bawa Home Entertainment ke Luar Ruangan

Samsung Bawa Home Entertainment ke Luar Ruangan

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version