Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Potensi Bisnis Bahan Pokok Digital Diproyeksi Capai Rp 84 Triliun

18 Februari 2021
in News
Reading Time: 1 min read
GrabMart Ekspansi Ke 8 Negara Asia Tenggara

Grabmart tersedia di 50 kota di Asia Tenggara. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV) layanan kebutuhan pokok digital diproyeksi dapat mencapai US$ 5 miliar-US$ 6 miliar atau sekitar Rp 70 triliun-Rp 84 triliun) pada 2025. Hal ini mendorong startup unicorn seperti Gojek, Tokopedia dan Grab memperkuat lini bisnis ini.

Proyek ini diumumkan perusahaan konsultan strategi global L.E.K Consulting. Head of the technology practice L.E.K. Consulting Asia Tenggara Manas Tamotia mengatakan, situasi pandemi mendorong penetrasi layanan kebutuhan pokok digital di Indonesia.

“Pasar ini akan tumbuh lebih lanjut, dipercepat oleh pandemi Covid-19,” katanya dalam siaran pers, Kamis (18/2/2021).

Menurut dia, pandemi telah mendorong jumlah adopsi layanan belanja online naik dua sampai tiga kali lipat sepanjang tahun lalu. L.E.K Consulting mencatat, 65% pembeli memilih berbelanja kebutuhan pokok melalui layanan digital karena alasan kenyamanan.

Baca juga :   E-commerce Antisipasi Lonjakan Transaksi Setelah PSBB Diberlakukan

Selain itu, adanya pertumbuhan jumlah pembeli kebutuhan pokok dari kalangan muda. Sebanyak 65% populasi di bawah 44 tahun dan berdomisili perkotaan menunjukkan perilaku pembelian yang impulsif. “Pembeli yang lebih muda cenderung melakukan pembelian online. Jenis konsumen yang cerdas ini meningkatkan permintaan untuk bahan makanan secara digiral,” kata Manas.

Potensi bisnis ini mendorong sejumlah startup merambah sektor ini dengan menawarkan layanan offline-to-online (O2O), pasar online maupun agregator. Gojek misalnya, meluncurkan GoToko dan GoStore,GoShop dan GoMart. Demikian juga dengan Grab dengan GrabMart serta menggandeng PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang membuat toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo dan Hyfresh pada fitur GrabMart.

Baca juga :   Realme dan SOS Children’s Villages Gelar Workshop Fotografi Untuk Anak Muda

Para pelaku e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee juga ikut memperkuat fitur kebutuhan bahan pokok ini.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceGomartGoShopGoTokoGrabMartL.E.K Consultinglayanan kebutuhan pokok digital
Previous Post

Fintech Lending Modal Rakyat Tambah Lender Institusi Baru

Next Post

Ada 20,2 Juta Serangan Siber Sasar Pelaku Bisnis di Indonesia Sepanjang 2020

Related Posts

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Load More
Next Post
cybercrime

Ada 20,2 Juta Serangan Siber Sasar Pelaku Bisnis di Indonesia Sepanjang 2020

Kejar Target 1 Juta Merchant, Youtap Lengkapi Layanan Untuk UMKM

Kejar Target 1 Juta Merchant, Youtap Lengkapi Layanan Untuk UMKM

produk kecantikan

Produk Kecantikan Lokal Berpeluang Besar Memikat Pasar

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version