Selasa, 23 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Perlu Dioptimalkan

8 Juli 2021
in News
Reading Time: 1 min read
masyarakat digital

Literasi digital. (Foto: ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar serta perlu dioptimalkan dan diwujudkan. Pada 2020, valuasi ekonomi digital Indonesia mencapai US$ 40 miliar, atau sekitar 40% dari total valuasi ekonomi digital kawasan Asia Tenggara. Namun, kontribusinya terhadap PDB masih terlalu rendah.

Data menyebutkan, kontribusi ekonomi digital Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional baru 4%. Jika dibandingkan, kontribusinya di Malaysia sudah 19% terhadap total PDB. Sedangkan kontribusi ekonomi digital Tiongkok mencapai 36% terhadap total PDB nasionalnya.

“Ini yang sebetulnya menjadikan kita perlu mempercepat lagi upaya-upaya untuk memanfaatkan ekonomi digital,” kata Dedy Permadi Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam webinar ‘Indonesia Future Digital Economy Outlook: Membentuk Pola Pikir Para Disruptor Industri’ yang digelar Hipmi baru-baru ini.

Baca juga :   Tokopedia Salam, Permudah Dapatkan Produk Halal

Dedy memberikan gambaran betapa besarnya potensi ekonomi digital Indonesia yang masih perlu dioptimalkan kontribusinya terhadap PDB. Sebagai contoh, generasi muda mulai banyak berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui media digital (online).

Kontribusi UMKM pun besar sekali terhadap PDB, yaitu mencpai 61%. Namun, jumlah UMKM yang sudah memanfaatkan platform digital (go digital) masih sedikit. Sebelum pandemi, baru sekitar 9,6 juta yang sudah go digital, saat pandemi Covid-19, sekarang, terdapat sekitar 12,5 juta UMKM go digital.

“Baru sekitar 16% dari total jumlah UMKM yang ada di Indonesia. Kita masih mempunyai ruang sekitar 84% UMKM yang belum go digital. Ini menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar untuk kita semua,” imbuhnya.

 

Baca juga :   Talenta Kreatif Perlu Garap Potensi Digital Agar Bisa Raup Untung Rp4.531 Triliun di 2030

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi digitalKementerian Komunikasi dan Infomartika (Kominfo)PDB
Previous Post

MNC Gandeng Moonton Gelar Pencarian Bakat Untuk Pemain Game di Indonesia

Next Post

Legalku Bantu Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual UMKM dan Startup di Indonesia

Related Posts

QRIS
Headline

Mobilisasi Masyarakat Tembus 119 Juta, Transaksi Digital Diproyeksi Tumbuh Hingga 50%

23 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
0
Load More
Next Post
Legalku Digital Beri Konsultasi Hukum Gratis buat UMKM dan Startup

Legalku Bantu Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual UMKM dan Startup di Indonesia

Startup Perlu Perlindungan Hak Cipta

Win Your Future 2021, Kompetisi Matangkan Rencana Bisnis Generasi Milenial

Dinda Cassanova Beraksi di Panggung Pesta Akhir Tahun TikTok Se Asia Tenggara

7 Juta Akun Pengguna TikTok di Bawah Umur 13 Tahun Dihapus

Discussion about this post

Recent Updates

Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia

Lima Tren Utama yang Membentuk Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia Menuju 2026

23 Desember 2025
Amar Bank

Kolaborasi Amar Bank dan JAFF Market 2025 Ciptakan Dampak Ekonomi Rp130 Miliar

23 Desember 2025
QRIS

Mobilisasi Masyarakat Tembus 119 Juta, Transaksi Digital Diproyeksi Tumbuh Hingga 50%

23 Desember 2025
RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

23 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia

Lima Tren Utama yang Membentuk Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia Menuju 2026

23 Desember 2025
Amar Bank

Kolaborasi Amar Bank dan JAFF Market 2025 Ciptakan Dampak Ekonomi Rp130 Miliar

23 Desember 2025
QRIS

Mobilisasi Masyarakat Tembus 119 Juta, Transaksi Digital Diproyeksi Tumbuh Hingga 50%

23 Desember 2025
RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

23 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version