Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Potensi Pasar Internet Indonesia Bisa Capai US$100 Miliar

13 Desember 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
Potensi Pasar Internet Indonesia Bisa Capai US$100 Miliar

Heru Sutadi, pengamat telekomunikasi dan Direktur Eksekutif di Indonesia ICT Institute. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring dengan kian pesatnya perkembangan perangkat teknologi informasi, bisnis berplatform online juga akan semakin meningkat. Indonesia ICT Institute memperkirakan potensi pasar internet di Indonesia bisa mencapai US$100 miliar pada 2025.

Heru Sutadi, Direktur Eksekutif di Indonesia ICT Institute, mengatakan sejak 2015 telah terjadi perkembangan teknologi yang pesat dan dinamis. “Terutama di bidang internet of things (IoT), robotika, 3D printing, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), startup, aplikasi mobile di segala sektor, hingga sistem pembayaran. Kondisi itu turut menggeser praktik model bisnis konvensional ke dalam jaringan digital berbasis teknologi komputasi serta data. Teknologi digital ini pula yang menjadi basis dalam penerapan revolusi industri 4.0,” ungkap Heru dalam acara Huawei Media Camp 2019, Kamis (12/12/2019) di Labuan Bajo, NTT.

Baca juga :   Huawei Dorong Pembangunan Talenta Digital Untuk Hadapi Tantangan 2023

Dia mencatat ada empat sektor bisnis utama yang berkembang pesat dengan basis teknologi digital yaitu ride hailing, online media, online travel, dan dagang-el atau e-commerce.

Pada 2025, ungkapnya, internet economy market size Indonesia ditaksir mencapai US$100 miliar, tumbuh pesat dibandingkan dengan posisi 2018 yang masih US$27 miliar. Adapun, potensi pasar internet terbesar kedua di Asean kemungkinan diraih Thailand yang pada 2025 mencapai US$43 miliar, disusul Vietnam US$33 miliar.

“Dari keempat itu, e-commerce masih memimpin pertumbuhan [pasar] dengan rerata pertumbuhan tahunan [compound annual growth rate/CAGR] 34% [periode 2015—2025] di Asean,” kata Heru lagi.

Adapun, pertumbuhan pasar terbesar kedua diprediksi diraih oleh sektor transportasi berbasis aplikasi daring (ride hailing) sebesar 26%, disusul bisnis media daring 24%, dan online travel agent 15%.

Baca juga :   Huawei Targetkan Latih 100 Ribu Talenta Digital

“Ekonomi digital akan berkembang pesat dan harus dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ekonomi bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Ken Qijian, VP Public Affairs & Communications Huawei Indonesia, mengatakan sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong langkah melek digital di tengah masyarakat, Huawei secara intensif menggelar berbagai macam program dan inisiatif di bidang riset serta pengembangan SDM.

Menurut Ken, di bawah payung program SmartGen, Huawei fokus melakukan pengembangan kapasitas SDM. “Ke depannya, kami ingin terus mencetak SDM TIK menuju 100.000 Indonesia Digital Leader sebagai bagian program strategis Huawei di bidang pengembangan SDM,” tuturnya.

Di bawah program tersebut, lanjutnya, Huawei akan menyelenggarakan serangkaian program sertifikasi, pelatihan, dan alih pengetahuan yang menyasar hingga 12.000 insinyur, 3.000 siswa dari berbagai jurusan yang berkenaan dengan TIK, serta menyelenggarakan ICT Competition yang diikuti oleh siswa-siswa dari delapan universitas ternama di Indonesia.

Baca juga :   YouTube FanFest Bakal Digelar secara Virtual

STEVY WIDIA

Tags: Huawei IndonesiaICT Institutepotensi pasar internet
Previous Post

SpotQoe.com Gandeng Ismaya Group Untuk Sewa Ruang Event

Next Post

Pendaki Indonesia Siap Taklukan Gunung Hkakabo Raji

Related Posts

Pacu Transformasi Industri, Huawei  Rilis Solusi Berbasis Skenario eKit 4+10+N
News

Pacu Transformasi Industri, Huawei Rilis Solusi Berbasis Skenario eKit 4+10+N

1 November 2025
0
Solar Academy Indonesia 2025 Ikut Andil Cetak Pekerjaan Hijau di Sektor PLTS
Headline

Solar Academy Indonesia 2025 Ikut Andil Cetak Pekerjaan Hijau di Sektor PLTS

20 Oktober 2025
0
Surge dan Huawei Hadirkan Dual-Location Smart Classroom, Solusi Pembelajaran Jarak Jauh
News

Surge dan Huawei Hadirkan Dual-Location Smart Classroom, Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

25 September 2025
0
Load More
Next Post
Pendaki Indonesia Siap Taklukan Gunung Hkakabo Raji

Pendaki Indonesia Siap Taklukan Gunung Hkakabo Raji

IIF 2019, Pertemukan Pelaku Ekonomi Kreatif

IIF 2019, Pertemukan Pelaku Ekonomi Kreatif

UC Browser Gandeng Lazada Ramaikan Festival Belanja 11.11

Tren Belanja Online 2019, 4,5 Juta Pengguna Berasal dari Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version