Jumat, 24 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Produk Indonesia Siap Dipasarkan Global

9 Februari 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Produk Indonesia Siap Dipasarkan Global

Alibaba Group. (Foto : Ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Produk makanan dan minuman Indonesia siap dipasarkan secara global melalui platform Alibaba.com, baik secara Business to Business (B2B) ataupun Business to Consumer (B2C). Ditargetkan perdagangan melalui situs itu bisa mencapai 10 juta dolar AS pada 2016. “Melalui platform Alibaba.com, kita mencoba untuk memasarkan produk kita tidak saja di pasar Tiongkok, yang sangat besar, tetapi juga pasar global,” kata Soegeng Rahardjo Duta Besar RI untuk Cina merangkap Mongolia belum lama ini dilansir Antara.

Dubes mengatakan Indonesia harus mampu menerapkan prinsip “3S” dalam melakukan penetrasi pasar global di manapun, yakni Solid (Indonesia Incorporated), Speed (birokrasi yang cepat, tidak rumit), dan Smart (cerdas dalam melakukan penetrasi pasar).

Baca juga :   Bukalapak Siap Lepas 25% Saham Ke Pasar Bursa

“Pada abad 21, bukan lagi yang besar mengalahkan yang kecil, tetapi yang bergerak cepat, akan mengalahkan yang bergerak lambat. Semoga Indonesia dapat berlari cepat, menyikapi perkembangan global yang semakin dinamis,” ujar Soegeng.

Beberapa produk yang akan dipasarkan melalui Alibaba.com pada tahap awal untuk pasar Cina adalah sarang burung walet, kopi luwak, kudapan seperti biskuit, keripik singkong KUSUKA, dan kerupuk udang Sidoarjo.

Soegeng menegaskan kerja sama dengan Alibaba Grup merupakan salah satu upaya untuk melakukan penetrasi pasar Cina, khususnya, dan global umumnya. Ia menuturkan Indonesia harus benar-benar kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan pasar 1,4 miliar penduduk Cina. “Apalagi Tiongkok, dalam sepuluh tahun mendatang akan menjadi kekuatan utama ekonomi dunia,” kata Soegeng.

Baca juga :   Festival Belanja Online Cetak Rekor Baru

Sementara Dandy S Iswara Atase Perdagangan KBRI Beijing mengatakan kerja sama dengan Alibaba.com dengan adanya sertifikasi maka akan memberikan jaminan keamanan makanan dari Indonesia. Pajak atau bea masuk juga tidak dikenakan.

“Ini merupakan salah satu cara untuk memasuki pasar Tiongkok tanpa harus mengurus perizinan yang panjang seperti izin impor, izin distributor, dan bebas pajak untuk transaksi dibawah nilai tertentu,” katanya.

Dandy menambahkan, “dengan memasarkan produk kita melalui Alibaba.com, kita juga dapat mengetahui bagaimana potensi pasar Tiongkok bagi produk-produk kita. Semacam test case begitu,”.

Terkait kerja sama tersebut, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) menargetkan perdagangan melalui situs itu bisa mencapai 10 juta dolar AS pada 2016 dan 50 juta dolar AS tahun depan.

Baca juga :   Belajar dari Alibaba, AwanTunai Ingin Meningkatkan Keadaan Ekonomi Indonesia

 

STEVY WIDIA

Tags: Alibabamakananminumanpotensiproduk
Previous Post

Kompetisi Dorong Pertumbuhan SDM Industri Digital

Next Post

Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Related Posts

Sampoerna University
News

Kolaborasi Sampoerna University dan Anglia Ruskin University untuk Peningkatan Kualitas Guru

24 Maret 2023
0
Fashion of The Next Normal
News

Lazada Hadirkan Coaching Clinic Untuk Penjual Fesyen di Bandung

24 Maret 2023
0
Aplikasi Pendamping Desa
News

Yayasan Kitong Bisa Kembangkan Aplikasi Pendamping Desa Berbasis Digital

24 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Toko Online Tingkatkan Promosi Industri Kecil

Toko Online Tingkatkan Promosi Industri Kecil

Investasi Asing Dapat Kembangkan  e-Commerce Lokal

Investasi Asing Dapat Kembangkan e-Commerce Lokal

Discussion about this post

Berita Terbaru

Sampoerna University

Kolaborasi Sampoerna University dan Anglia Ruskin University untuk Peningkatan Kualitas Guru

24 Maret 2023
0
Fashion of The Next Normal

Lazada Hadirkan Coaching Clinic Untuk Penjual Fesyen di Bandung

24 Maret 2023
0
Aplikasi Pendamping Desa

Yayasan Kitong Bisa Kembangkan Aplikasi Pendamping Desa Berbasis Digital

24 Maret 2023
0
Aruvana SXSW 2023

Startup Aruvana Pamerkan Produk Terapi Kesehatan Berbasis Virtual Reality di SXSW 2023

24 Maret 2023
0
nuon

Kolaborasi dengan Telkomsel, GameQoo Hadirkan Penawaran Terbaik Bagi Pecinta Game

24 Maret 2023
0
Jatiper Titipku

Penuhi Kebutuhan Usaha Horeka, Titipku Perkenalkan Layanan Baru

24 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version