Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Produk Indonesia Siap Dipasarkan Global

9 Februari 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Produk Indonesia Siap Dipasarkan Global

Alibaba Group. (Foto : Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Produk makanan dan minuman Indonesia siap dipasarkan secara global melalui platform Alibaba.com, baik secara Business to Business (B2B) ataupun Business to Consumer (B2C). Ditargetkan perdagangan melalui situs itu bisa mencapai 10 juta dolar AS pada 2016. “Melalui platform Alibaba.com, kita mencoba untuk memasarkan produk kita tidak saja di pasar Tiongkok, yang sangat besar, tetapi juga pasar global,” kata Soegeng Rahardjo Duta Besar RI untuk Cina merangkap Mongolia belum lama ini dilansir Antara.

Dubes mengatakan Indonesia harus mampu menerapkan prinsip “3S” dalam melakukan penetrasi pasar global di manapun, yakni Solid (Indonesia Incorporated), Speed (birokrasi yang cepat, tidak rumit), dan Smart (cerdas dalam melakukan penetrasi pasar).

“Pada abad 21, bukan lagi yang besar mengalahkan yang kecil, tetapi yang bergerak cepat, akan mengalahkan yang bergerak lambat. Semoga Indonesia dapat berlari cepat, menyikapi perkembangan global yang semakin dinamis,” ujar Soegeng.

Baca juga :   Presiden Joko Widodo Bersama Jack Ma Bahas UKM

Beberapa produk yang akan dipasarkan melalui Alibaba.com pada tahap awal untuk pasar Cina adalah sarang burung walet, kopi luwak, kudapan seperti biskuit, keripik singkong KUSUKA, dan kerupuk udang Sidoarjo.

Soegeng menegaskan kerja sama dengan Alibaba Grup merupakan salah satu upaya untuk melakukan penetrasi pasar Cina, khususnya, dan global umumnya. Ia menuturkan Indonesia harus benar-benar kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan pasar 1,4 miliar penduduk Cina. “Apalagi Tiongkok, dalam sepuluh tahun mendatang akan menjadi kekuatan utama ekonomi dunia,” kata Soegeng.

Sementara Dandy S Iswara Atase Perdagangan KBRI Beijing mengatakan kerja sama dengan Alibaba.com dengan adanya sertifikasi maka akan memberikan jaminan keamanan makanan dari Indonesia. Pajak atau bea masuk juga tidak dikenakan.

Baca juga :   Bidik After Market di Industri Otomotif, Dharma Polimetal Rilis Produk Aki Cadangan

“Ini merupakan salah satu cara untuk memasuki pasar Tiongkok tanpa harus mengurus perizinan yang panjang seperti izin impor, izin distributor, dan bebas pajak untuk transaksi dibawah nilai tertentu,” katanya.

Dandy menambahkan, “dengan memasarkan produk kita melalui Alibaba.com, kita juga dapat mengetahui bagaimana potensi pasar Tiongkok bagi produk-produk kita. Semacam test case begitu,”.

Terkait kerja sama tersebut, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) menargetkan perdagangan melalui situs itu bisa mencapai 10 juta dolar AS pada 2016 dan 50 juta dolar AS tahun depan.

 

STEVY WIDIA

Tags: Alibabamakananminumanpotensiproduk
Previous Post

Kompetisi Dorong Pertumbuhan SDM Industri Digital

Next Post

Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Related Posts

IndoBuild AI
Headline

Tantang DeepSeek, Alibaba Kenalkan Qwen 2.5-Max

1 Februari 2025
0
Grup GoTo
Headline

Perkuat Layanan dan Inovasi Digital, Grup GoTo Jalin Kerja Sama Strategis dengan Alibaba

19 September 2024
0
Alibaba
Headline

Alibaba Suntikkan Dana Baru ke Lazada Sebesar US$230 Juta

25 Mei 2024
0
Load More
Next Post
Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Toko Online Tingkatkan Promosi Industri Kecil

Toko Online Tingkatkan Promosi Industri Kecil

Investasi Asing Dapat Kembangkan  e-Commerce Lokal

Investasi Asing Dapat Kembangkan e-Commerce Lokal

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version