Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Program Kolaborasi Tokopedia Dorong Pelaku UMKM Adopsi Digital

4 Juni 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
UMKM Tokopedia

Para pelaku UMKM produk kerajinan. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Data survey Tokpedia menunjukkan tren belanja sepanjang Ramadan mengalami perubahan akibat pandemi Covid-19. Untuk itu Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri, lewat berbagai program, antara lain #SatuDalamKopi, #FestivalSantapanLezat, #BanggaBuatanIndonesia dan masih banyak lagi. Langkah ini mendorong pelaku UMKM mengadopsi teknologi digital.

“Kolaborasi ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola offline dapat kembali beroperasi lewat kanal daring; demi mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi, sesuai dengan fokus kampanye Tokopedia #JagaEkononomiIndonesia,” ungkap Nuraini Raza VP of Corporate Communications Tokopedia dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).

Langkah kolaborasi itu mendapat sambutan antusiasme masyarakat. Data internal Tokopedia menyebutkan bahwa kategori Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Kesehatan dan Elektronik menjadi empat kategori paling populer selama Ramadan. Pada kategori Makanan dan Minuman, buah kurma, olahan daging, buah-buahan seperti jeruk dan alpukat, hingga kopi kemasan merupakan produk yang paling banyak dibeli.

Baca juga :   Erajaya Group Kembangkan Rantai Pasok Ritel dan Aksesori Untuk Dukung UKM di Indonesia

Program Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pelaku usaha kopi lokal melalui #SatuDalamKopi mulai dengan mempercepat adopsi digital hingga menyesuaikan varian produk. Kini lebih dari 80 persen penjualan mereka berasal dari pemesanan online lewat Tokopedia.

“Selain berburu kopi, berkebun juga menjadi kegiatan yang sangat digemari masyarakat di tengah PSBB selama Ramadan. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga,” jelas Nuraini.

Penerapan PSBB juga membuat banyak festival atau bazar yang sebelumnya diadakan secara offline, disesuaikan menjadi festival atau bazar yang digelar sepenuhnya secara online melalui platform Tokopedia. Contohnya Bazar Buku Big Bad Wolf, Semasa di Tokopedia, Jakarta Sneakers Day (JSD), Festival Santapan Lezat dan sebagainya.

Sejumlah dampak positif dirasakan oleh penjual yang berpartisipasi, mulai dari peningkatan penjualan sampai dengan eksposur kepada pembeli yang lebih luas. Demikian juga dalam hal beribadah dan berbagi kebaikan dari rumah sepanjang Ramadan. “Hal ini terlihat dari total jumlah donasi dan zakat yang terkumpul lewat Tokopedia melampaui Rp13 miliar,” kata Nuraini.

Baca juga :   Telkomsel Gelar Pameran Virtual Untuk Pelaku UMKM Bidang Makanan, Kerajinan dan Busana

Jumlah Zakat Fitrah yang dibayarkan masyarakat melalui Tokopedia, misalnya, setara dengan hampir 100 ton beras. Sedangkan jumlah Zakat Mal terkumpul meningkat sebesar 3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Nuraini menegaskan, Tokopedia kedepannya akan tetap fokus membantu pemerintah memulihkan ekonomi di tengah pandemi. Salah satunya dengan mengakselerasi adopsi digital bagi sebanyak-banyaknya pelaku usaha lokal, khususnya UMKM, agar dapat beradaptasi terutama berkaitan dengan normal baru.

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian, maka Tokopedia berkomitmen terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada mereka demi mendorong pemulihan perekonomian nasional. Beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi adalah kunci menjawab pandemi,” tutup Nuraini.

STEVY WIDIA

Tags: #BanggaBuatanIndonesia#FestivalSantapanLezat#SatuDalamKopiTokopediaUMKM
Previous Post

Schneider Electric dan AVEVA Perluas Kemitraan untuk Data Center

Next Post

Fintech P2P Lending Dari OVO Kantongi Lisensi OJK

Related Posts

Usaha Ultra Mikro Perempuan
Headline

Kementerian UMKM Gelar Startup Acceleration Program 2025

3 September 2025
0
Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital
Headline

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital

27 Agustus 2025
0
Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia
Headline

Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Fintech P2P Lending Dari OVO Kantongi Lisensi OJK

Fintech P2P Lending Dari OVO Kantongi Lisensi OJK

Galaxy A21s Dukung Anak Muda Berkreasi Digital

Galaxy A21s Dukung Anak Muda Berkreasi Digital

Inovasi Teknologi Memacu Transformasi Digital di Indonesia

VMWare Cloud on Dell EMC Generasi Kedua Meluncur

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version