youngster.id - Sepanjang tahun 2020, Qoala Plus–platform digital milik perusahaan insurance technology Qoala –mengumpulkan pendapatan premi dengan total Rp 50 miliar.
Hal ini diungkapkan VP of Offline Business Qoala, Sugeng Purnomo (Ipung) dalam acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Hotel Courtyard by Marriott, Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/2). Bandung merupakan kota ketiga yang masuk dalam rangkaian acara Qoala Plus Kickoff 2021, setelah Jakarta dan Surabaya.
Setelah resmi diluncurkan di Jakarta awal tahun lalu, Qoala Plus membuka kantor cabang operasional di Bandung pada Maret 2020. Namun, kantor tersebut tidak beroperasi lantaran diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Covid-19 sampai bulan Juni 2020. Menurut Ipung, Bandung menyumbang Rp 4 miliar terhadap total pendapatan premi tersebut.
“Tantangan terbesar saat itu yakni berdampaknya daya beli masyarakat untuk membeli asuransi akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, Bandung menyumbang Rp 4 miliar. Hal ini menarik, karena Qoala Plus di Bandung beroperasi secara efektif hanya di semester II tahun 2020,” ungkap Ipung dalam keterangan tertulisnya.
Oleh karena itu, Ipung optimistis Qoala Plus wilayah Bandung bisa mencatatkan peningkatan pendapatan premi sebesar Rp 12 miliar atau tiga kali lipat dari tahun 2020. Ipung juga berharap semakin banyak Mitra Qoala Plus yang bergabung. Saat ini, Qoala Plus memiliki tenaga pemasar, yang disebut Mitra Qoala Plus, yang mencapai 10 ribu orang. “Khusus untuk Bandung, kami berharap Qoala Plus bisa memberikan akses seluas-luasnya terhadap produk asuransi bagi warga Jawa Barat,” tegasnya.
Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Barat, Adi Firman Huda, juga yakin target yang dipatok untuk Bandung bisa tercapai. Pasalnya, Bandung memiliki potensi yang besar untuk pemasaran produk asuransi.
“Produk asuransi yang diminati di Bandung bersifat retail, diantaranya asuransi untuk kendaraan bermotor serta asuransi properti skala kecil dan menengah. Kunci untuk mendapat kepercayaan Mitra Qoala Plus dan customer di Bandung adalah pelayanan, proses klaim yang mudah, serta sistem keamanan data yang canggih,” pungkas Adi.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post