Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Riset Ungkap Bermain Game Bisa Bantu Pelajar Kembangkan Kepribadian Pancasila

7 September 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
beasiswa Moonton Games

Kembangkan Talenta eSports, Moonton Games Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Indonesia adalah salah satu pasar industri game terbesar di dunia. Berdasarkan laporan We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain video game terbanyak ketiga di dunia. Laporan tersebut mencatat ada 94,5% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia yang memainkan video game per Januari 2022.

Ternyata, bermain game kompetitif dapat membantu pelajar mengembangkan kepribadiannya. Riset yang dilakukan Tim Cognition, Affect, and Well-Being Laboratory (CAW Lab) Fakultas Psikologi UI bersama MABAR.com menunjukkan hal itu.

Dalam penelitian itu didapati dengan dukungan dan wadah yang baik, bermain game kompetitif atau esport, bisa jadi sarana aktualisasi diri, sekaligus membentuk identitas pelajar cerdas berkarakter, serta mendorongnya menjadi pelajar Pancasila.

Baca juga :   Pelaku Usaha Harus Optimalkan Manfaat Teknologi

“Setidaknya ada empat aspek kognitif dan psikologis utama dimana pelajar competitive gamer lebih unggul dibandingkan grup lainnya,” kata Dr. Dyah T. Indirasari, M.A, psikolog dan Ketua Tim Peneliti dari CAW Lab Fakultas Psikologi UI dalam keterangannya, Rabu (7/9/2022).

Dalam pemaparan hasil riset, Dyah mengungkapkan, aspek yang unggul pertama adalah kontrol respon yang membuat orang lebih fokus. Aspek kedua adalah akurasi yang jauh lebih tinggi. Ketiga, kemampuan regulasi emosi yang lebih baik. Dan, keempat adalah kepribadian yang tidak impulsif dan tidak rentan stres.

Ketua CAW Lab Fakultas Psikologi UI Agnes Nauli S.W. Sianipar, M.Sc., Ph.D. menambahkan, aspek-aspek tersebut merupakan bekal yang kuat dalam mengembangkan kepribadian yang baik bagi individu.

Baca juga :   PT Pos Bangun Platform e-Commerce Bagi Usaha Kecil

“Aspek kognitif seperti fungsi kontrol respons, juga merupakan hal yang mendasar dalam berbagai proses belajar akademik, olahraga, dan musik,” ujarnya.

Agnes mengatakan, saat ini terdapat anggapan bahwa generasi muda sekarang adalah generasi yang lembek. Meski begitu, menurutnya, mereka menemukan bahwa esports justru dapat meningkatkan grit pelajar.

“Dalam psikologi, grit dapat ditingkatkan bila seseorang memiliki tujuan, minat terkait tujuan tersebut, dan usaha yang kuat. Ketiga aspek tersebut terdapat di esports. Hasil riset juga menunjukkan bahwa grit dapat meningkatkan kemampuan regulasi emosi melalui esports,” imbuhnya.

Sementara, Aziz Hasibuan, CEO dan Co-Founder Mabar.com mengatakan, wadah esports dapat menjawab kekhawatiran orangtua maupun guru terkait dampak bermain game. Kata Aziz, ada sejumlah perbedaan mendasar dari bermain game secara kompetitif dan kasual.

Baca juga :   Good Doctor Gandeng AXA Perkuat Layanan Kesehatan Digital Termasuk Untuk Pekerja Freelancer

Dalam game kompetitif atau esports, sebuah tim pelajar perlu bekerja sama, menjalankan strategi, dan mengasah akurasi, dimana aspek-aspek tersebut dinilai kurang terasa pada pemain kasual.

Aziz pun merekomendasikan, berdasarkan riset ini, sekolah dapat melakukan intervensi pada minat bermain game pelajar dengan memfasilitasi dan menjadikan sekolah sebagai Esports Development Center untuk Student Athlete.

“Dengan demikian, pelajar bisa memahami bagaimana mengarahkan hobinya bermain gim untuk mengembangkan karakternya, bukan sekadar kebutuhan hiburan,” kata Aziz.

 

STEVY WIDIA

Tags: Fakultas Psikologi UIMABAR.comriset gameTim Cognition Affect and Well-Being Laboratory (CAW Lab)
Previous Post

Bintang SMA 2022 Jaring Bakat Terpendam Dari Anak SMA Se-Indonesia

Next Post

Huawei dan IT Del Jalin Kerja Sama Pengembangan Talenta Digital

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Huawei Indonesia dan IT Del

Huawei dan IT Del Jalin Kerja Sama Pengembangan Talenta Digital

Gokomodo Team

Gokomodo Solusi Rantai Pasok Agribisnis Indonesia Raih Pendanaan Seri A Terbesar

Sri Asih

DMMX dan Bumilangit Luncurkan Trailer Film Sri Asih

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version