Sambut Hari Raya Dengan Menu Ala Master Chef

Master Chef Wilgoz di Kelas Pintar Vol.2: Menu Lebaran Anti-Mainstream. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Saat berkumpul bersama, tak hanya penampilan yang perlu diperhatikan, tetapi juga jamuan makan. Tak ingin menyajikan menu “tradisional” Anda dapat mencoba dua resep dari Chef William Gozali, pemenang Masterchef Indonesia Season 3. 

Resep pertama adalah Nasi Kuning Ayam Mentega (Butter Chicken with Tumeric Rice). Sajian ini bisa untuk menggantikan ketupat opor maupun hidangan berat bersantan lainnya. Berbeda dengan nasi kuning yang umumnya disuguhkan dengan ayam goreng, resep nasi kuning dari chef Willgoz menggunakan ayam yang dimarinasi dan dimasak dengan saus khas.

 Resep kedua dari Chef Willgoz adalah Churros dengan Saus Coklat Almond (Churros with Spiced Almond Dark Choco Sauce). Menu ini bisa dijadikan sebagai hidangan pembuka (appetizer) maupun penutup (dessert) yang dapat menggantikan camilan khas Lebaran seperti kue nastar dan kue kering lainnya. Hidangan churros yang bisa menggugah selera ini juga cukup mudah membuatnya dan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama anak. Jadi, untuk para ibu, segeralah ajak anak-anak untuk membuatnya di rumah.

Baca juga :   Roadshow Pucuk Cool Jam 2018 Digelar di 40 Sekolah

Kedua resep inisudah dicoba dan disajikan saat acara “Kelas Pintar Vol.2: Menu Lebaran Anti-Mainstream” yang diselenggarakan Komunitas Sahabat Ibu Pintar, didukung oleh Blibli.com dan bekerja sama dengan Rumah Dandelion.

Selain kelas memasak, acara Kelas Pintar Vol.2 juga diisi dengan kegiatan talkshow mengenai pengelolaan stres bagi perempuan dan para ibu, menghadirkan Psikolog dan Konsultan Parenting, Nadya Pramesrani.

 Menurut Nadya, penyebab terbesar stres pada perempuan, khususnya para ibu, adalah kurangnya waktu untuk bersenang-senang dan diri sendiri, karena kesehariannya tersita untuk mengurus keluarga maupun orang lain. Mengingat makan merupakan penyaluran terbesar kaum perempuan ketika stres, maka salah satu cara sehat dan sederhana yang bisa dilakukan perempuan untuk mengelola stres adalah memasak.

 “Dengan memasak kita melakukan hal yang berulang – memotong, mengocok, mengaduk, dan seterusnya. Kegiatan yang berulang itu memberikan efek yang menenangkan, seperti halnya bayi yang digendong dan ditimang kanan-kiri. Memasak juga bisa menjadi sarana kreativitas. Apabila dilakukan bersama keluarga, memasak bisa memunculkan interaksi, kerja sama, dan kedekatan emosional,” jelas Nadya.

Baca juga :   Pemerintah Tegas Blokir Hoax dan Ujaran Kebencian

 Memperkuat pernyataan Psikolog Nadya, Chef Willgoz menambahkan, “Saya menilai memasak bisa menghilangkan stres, apabila dijadikan hobi.  Apalagi jika kemudian hasil masakan kita mendapat apresiasi dari keluarga dan orang lain. Ini bisa membuat kita senang sehingga menghilangkan stress.”

Kelas Pintar adalah salah satu kegiatan yang dijalankan Sahabat Ibu Pintar, komunitas ibu-ibu yang dibentuk dan diluncurkan Blibli.com pada September 2018. Kelas Pintar merupakan kelas edukasi yang menekankan pada pemberdayaan, melalui kegiatan talk show maupun workshop dengan topik yang sesuai dengan kaum perempuan, khususnya ibu-ibu.

STEVY WIDIA