youngster.id - Ada lebih dari 22 juta penyandang disabilitas di Indonesia, yang menghadapi keterbatasan dalam pendidikan, pekerjaan, dan representasi sosial. Ekosistem teknologi digital menjadi salah satu solusi untuk mendukung kemandirian mereka.
Berangkat dari hal ini, Scarlett melalui program Scarlett Beauty Impact menggandeng Setara Berdaya untuk menggelar program affiliator disablitas.
“Kami percaya setiap orang berhak mendapat kesempatan untuk berkembang. Untuk itu, Scarlett dan Setara Berdaya memulai langkah perdana melalui live shopping inklusif di TikTok,” kata Felicya Angelista, Co-Founder Scarlett dikutip Senin (8/12/2026).
Scarleet mengandeng Setara berdaya menggelar Live Shopping Inklusif 12 jam di TikTok yang memecahkan Rekor MURI untuk live inklusif sebagai merek produk kecantikan lokal pertama yang melakukan penjualan produk melalui siaran langsung bersama penyandang disabilitas.
“Kami ingin menunjukkan bahwa teman-teman penyandang disabilitas itu mampu, dan Rekor MURI yang kami raih hari ini kami persembahkan juga untuk teman-teman hebat dari Setara Berdaya. Ini adalah pencapaian yang kita capai bersama,” ujar Felicya.
Chief Marketing Officer Scarlett Fiona Anjani Foebe menambahkan, sejak didirikan pada tahun 2017, Scarlett telah berkontribusi dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini semakin diperkuat melalui Scarlett Beauty Impact.
“Scarlett Beauty Impact selalu berfokus pada empowerment jangka panjang, membuka kemandirian ekonomi, bukan hanya untuk satu hari, tetapi untuk perjalanan hidup mereka,” ucapnya
Untuk memastikan para affiliator tampil percaya diri dan profesional, Scarlett menyelenggarakan workshop intensif meliputi public speaking, teknik live selling, dan strategi konten digital. Fokus program ini bukan hanya tampil di live, tetapi membekali peserta dengan keterampilan yang dapat menunjang kemandirian jangka panjang di industri kreatif.
Sementara itu, Setara Berdaya adalah ekosistem pemberdayaan bagi pemuda, perempuan, dan penyandang disabilitas di Indonesia yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas untuk menciptakan komunitas/masyarakat yang lebih inklusif dan berkelanjutan, khususnya di bidang ekonomi (UMKM), pendidikan dan keterampilan kerja (vokasional) dan digital.
“Pendekatan kami selalu berbasis kapasitas, bukan hanya empati. Tujuan kami adalah membangun talenta disabilitas yang kompeten, percaya diri, dan mampu bersaing secara profesional. Kolaborasi dengan Scarlett memperluas ruang itu secara signifikan,” ujar Nicky Clara, Founder Setara Berdaya.
Sebagai mitra komunitas, Setara Berdaya memastikan proses kurasi, pendampingan, dan pelatihan dilakukan secara inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan peserta. Pendampingan dilakukan baik secara daring maupun luring agar setiap peserta memiliki akses yang setara terhadap informasi dan fasilitas.
Scarlett Beauty Impact dan Setara Berdaya akan memperluas pelatihan dan keterampilan digital lainnya agar semakin banyak penyandang disabilitas dapat mengakses peluang ekonomi yang mandiri dan inklusif.
STEVY WIDIA



















Discussion about this post