youngster.id - Sejumlah operator telekomunikasi turut terus berpartisipasi dalam melanjutkan keikutsertaan dalam gotong royong mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Mulai dari memberikan program gratis akses datan hingga menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas medis.
Seperti XL Axiata yang memperpanjang berlakunya program gratis akses data 2GB/hari. Perusahaan ini juga telah menyalurkan ribuan APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju hazmat (hazardous materials) bagi para petugas medis di puluhan rumah sakit di berbagai daerah. Aksi sosial ini berasal dari donasi karyawan XL Axiata.
Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, mengatakan manajemen XL Axiata memutuskan untuk melanjutkan program gratis 2GB/hari yang telah berjalan sejak 18 Maret 2020.
“Jadi, jika dijumlahkan selama sekitar satu setengah bulan sejak 18 Maret lalu, total kuota data yang dialokasikan XL Axiata sebesar 88GB untuk setiap pelanggan yang membutuhkan dukungan agar bisa bekerja dan belajar dari rumah,” kata Dian Siswarini melalui keterangan pers nya Kamis (16/4/2020).
Gratis 2GB/hari bisa pelanggan manfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup Udemy, Ruang Guru, Zenius, Kelas Pintar, dan Sekolah.mu untuk para pelajar atau mahasiswa. Portal Rumah Belajar, milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga bisa dikunjungi secara bebas kuota melalui program ini. Selain itu, gratis kuota data 2GB/hari ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelanggan mahasiswa untuk akses ke materi kuliah di 30 kampus perguruan tinggi yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.
Kemudian untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah dengan lebih nyaman, pelanggan bisa menggunakannya untuk mengakses sejumlah aplikasi dari Microsoft Office 365 yang meliputi, Microsoft Exchange, Share Point, One Drive, Microsoft Teams, dan Skype for Business.
Selain itu, dalam mendukung kebutuhan belanja online di masa physical distancing ini, mulai 20 April 2020, pelanggan dapat memanfaatkan program gratis akses ke sejumlah layanan e-commerce, seperti, Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.id, Lazada dan OVO.
Sementara itu, 3 Indonesia menyediakan 5.000 kartu perdana KitaBersatu dengan kuota 25GB secara gratis untuk pasien, tenaga medis, dan relawan di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran.
“Kami berharap kartu perdana KitaBersatu dan optimalisasi jaringan 3 di kawasan Wisma Atlet Kemayoran dapat membantu pasien, relawan, dan tenaga medis di sana untuk dapat tetap terhubung dengan keluarga dan orang-orang tercinta,” ungkap M Danny Buldansyah Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.
Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah mengajak para pelanggannya untuk berkontribusi dalam penanganan COVID-19 dengan membuka kanal donasi dalam bentuk paket data KitaBersatu. Dengan membayar Rp10.000 untuk paket data KitaBersatu 1,1GB seharga Rp9.000, pelanggan 3 telah mendonasikan Rp1.000 untuk upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.
Seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) UNICEF yang tengah aktif terlibat dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.
(FAHRUL ANWAR/STEVY WIDIA)
Discussion about this post