ShopBack Beri Uang Kembali Rp 25 M Bagi Pengguna Indonesia

Indra Yonathan Country Manager ShopBack Indonesia memaparkan pencapaian ShopBack Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Belum setahun beroperasi ShopBack, telah menuai sukses. Platform cashback pertama di Asia Tenggara ini telah memberikan uang kembali atas belanja online (cashback) sebesar RP 25 miliar kepada pengguna Shopback di Indonesia di tahun 2016.

“Selama 2016 ini, kita telah memberikan cashback sebesar Rp25 miliar, tetapi yang baru diuangkan itu sekitar Rp10 miliar,” kata Indra Yonathan Country Manager Shopback Indonesia pada media, Jumat (9/12/2016) di Jakarta.

Cashback tersebut didapatkan konsumen yang berbelanja online pada sekitar 130 e-commerce yang ada di platform ini. Menurut Yonathan, model bisnis cashback masih terdengar asing di Indonesia. Tetapi perkembangannya terbilang cukup pesat.

Terbukti dari besarnya animo masyarakat pada Pesta Cashback Nasional yang ShopBack adakan bulan lalu, dengan jumlah kunjungan website meningkat 10 kali lipat, total transaksi 5 kali lebih tinggi serta jumlah cashback yang diberikan ke pengguna 6 kali lebih besar dari hari biasanya

Tak hanya itu, menyambung Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Shopback megggelar ShopBack Shop Fest: The First Smartest Shopping Festival sejak 12 – 31 Desember 2016. Menurut Yonathan, melalui festival ini, ShopBack sebagai official cashback partner Harbolnas 2016 ingin mengedukasi konsumen Indonesia menjadi konsumen cerdas. “Ini kali pertama dalam sejarah Harbolnas, konsumen dapat menggabungkan promo-promo Harbolnas dengan tambahan cashback hingga 99%,” ucapnya.

Baca juga :   5 Tips Aman Belanja Online

Kegiatan ini, kataYonathan, sekaligus untuk memberi edukasi cara belanja yang hemat. Apalagi daya tarik utama industri e-commerce di mata sebagian besar konsumen Indonesia (77,1%) adalah karena gencarnya promosi menarik serta besarnya diskon yang ditawarkan. “Tentu saja hal tersebut akan memberikan keuntungan lebih bagi konsumen. Namun, jika tidak disikapi dengan bijak dan cerdas, konsumen bisa terjebak ke dalam budaya belanja impulsif yang tentu saja berpotensi untuk mengganggu tercukupinya kebutuhan yang lain,” paparnya.

Sebelumnya ShopBack telah mensurvei pembelanja online di kisaran 19 – 35 tahun. Dari hasil survey 76% masih memiliki banyak kebutuhan dengan finansial yang masih terbatas. Bahkan, 44% dari konsumen utama tersebut mengalami defisit keuangan setiap bulannya akibat tak pandai dalam menentukan skala prioritas. “Sehingga perilaku berbelanja cerdas dan hemat menjadi sangat penting untuk dijadikan sebagai budaya baru,” ujar Yonathan.

Untuk menyukseskan perhelatan tersebut, ShopBack, berkolaborasi dengan Bank Mandiri, serta perusahaan label rekaman seperti Sony Music Entertainments Indonesia, Warner Music Indonesia, dan Trinity Optima Production. Selain itu juga menggandeng sejumlah figur terkemuka dari dunia fashion dan kecantikan. Mereka diantaranya pemenang top model Asia Ayu Gani, artis Ayushita, artis Agla Artalidia, fashion bloggerssperti Hamidah Rachmayanti.

Baca juga :   Bekraf Siapkan 6 Proyek Film Animasi Ke Asian Animation Summit 2019

“Mereka akan berperan sebagai advisor untuk membantu menginspirasi, mendorong dan memberdayakan konsumen agar dapat berbelanja cermat, hemat dan pada akhirnya menjadi konsumen cerdas,” pungkas Yonathan.

STEVY WIDIA