Sinar Mas Land Gencar Kembangkan Integrated Smart Digital City

BSD City menghadirkan inovasi fasilitas terbaru melalui aplikasi mobile OneSmile. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Sinar Mas Land gencar mengembangkan kota pintar digital terintegrasi (intergrated smart digital city). Untuk itu pengembang properti ini meluncurkan ‘OneSmile App’ sebuah aplikasi mobile terintegrasi yang dirancang secara khusus untuk mengoptimalkan kualitas hidup warga.

Kemajuan teknologi informasi yang serba digital membawa orang ke dunia bisnis yang revolusioner (digital revolution era) karena dirasakan lebih mudah, murah, praktis, dan dinamis dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi serta memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Berangkat dari fenomena ini, Sinar Mas Land selaku pengembang utama kota mandiri BSD City menghadirkan inovasi fasilitas terbaru melalui aplikasi mobile OneSmile

“Dengan hadirnya aplikasi mobile yang didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital, akan memudahkan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Sehingga memperkuat posisi BSD City dalam transformasinya menjadi The First Integrated Smart Digital City di Indonesia,” ucap Irvan Yasni, CTO Sinar Mas Land dalam keterangan resmi, Kamis (30/3/2017) di The Breeze-BSD.

Dia menyebutkan beberapa transaksi yang dapat dilakukan oleh OneSmile App mulai dari pembayaran IPL dan Air, melihat jadwal transportasi dan kondisi jalan, membeli tiket, belanja kebutuhan groceries, hingga melakukan pemesanan makanan yang ada di kawasan BSD City. Semua bisa dilakukan secara mudah oleh pengguna smartphone berbasis Android ataupun iOS. Proyek dengan investasi sebesar Rp1 miliar ini menargetkan 200.000 pengunduh.

Baca juga :   Apple Developer Academy Siap Mencetak Talenta Berstandar Global

Semua ini ditujukan untuk merealisasikan rencana perusahaan yang ingin menjadikan BSD City sebagai “The First Integrated Smart Digital City”. Untuk itu didukung oleh berbagai sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital. Dimulai dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Membangun jaringan fiber optic, CCTV yang tersebar di sejumlah area yang dapat dipantau melalui command center, dan tak luput menyediakan layanan free wifi di area publik.

Jahja Suryandy, Managing Director PT Kresna Graha Investama Tbk selaku pengembang aplikasi OneSmile mengatakan, ini baru merupakan langkah awal. “Saat ini, kami tengah menyiapkan berbagai pengembangan dan inovasi yang memadukan teknologi termutakhir yang ada guna semakin menjadikan OneSmile sebagai everyday’s lifestyle bagi para penghuni BSD City, beberapa di antaranya adalah GPS tracking, CCTV view dan smart home buttom,” kata Jahja.

Tranformasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penghuni BSD City. Komitmen BSD City tak hanya sebatas hal diatas, transformasi ini berlanjut dengan mengalokasikan satu kawasan untuk komunitas digital, yakni Digital Hub.

Baca juga :   Pengguna Telkomsel Banyak Main Medsos dan Siaran Piala Dunia di Momen Lebaran

Digital Hub kawasan seluas 25,86 Ha terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari start up company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science juga creative industry .

Digital Hub akan mulai konstruksi pada kwartal kedua 2017 dan menelan total biaya hingga Rp 5 triliun. Digital hub akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti interaktif meeting room, mesin 3D printing, gaming room, VR room, segway dan fasilitas lain yang semua ini dapat digunakan bersama-sama untuk kepentingan komunitas di Digital Hub.

STEVY WIDIA