Sinedu, Platform Online Penyedia Film Sebagai Media Belajar

Sinema Edukasi (www.sinedu.id), sebuah platform online yang menyediakan film sebagai media belajar. (Foto: dok.Sinedu)

youngster.id - Kini hadir inisiatif pendidikan bernama Sinema Edukasi (www.sinedu.id), yaitu sebuah platform online yang menyediakan film sebagai media belajar untuk dapat digunakan oleh siswa, guru dan orangtua.

“Sebagai konsep pembelajaran digital baru, Sinedu.id merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara pegiat film dan pegiat pendidikan yang bertujuan mendorong terciptanya penonton cerdas di Indonesia,” kata Najelaa Shihab dalam siaran resmi Sinedu.id, belum lama ini di Jakarta.

Sinedu.id diinisiasi oleh Visinema Pictures bersama Keluarga Kita dan Plot Point Publishing karena menyadari bahwa dunia perfilman bisa menjadi jembatan untuk media pendidikan agar lebih menyenangkan dan bermakna.

Najelaa Shihab menuturkan, melalui Sinedu.id, baik guru, siswa dan orangtua dapat menonton film yang telah dikurasi dan menggunakan modul sebagai panduan untuk diskusi. Modul khusus tersebut juga disesuaikan dengan panduan kompetensi anak, sehingga tujuan sebagai media belajar dapat tercapai.

Penulis Skenario dan Co-Founder PlotPoint, Gina S. Noer menambahkan, konsep ini diharapkan mampu menumbuhkan percakapan tenatang film dan edukasi di setiap ruang kelas dan ruang keluarga guna mencetak penonton pintar, sehingga industri perfilman dapat memproduksi film-film dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Baca juga :   Momi, Kue Rendah Protein untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Modul ini dapat diunduh secara gratis dan akan mengulas bagaimana proses pembuatan film yang ditayangkan, sekaligus menginformasikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam film tersebut
.

STEVY WIDIA