Siswa SMA ini Ciptakan Plastik Ramah Lingkungan

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Semangat menghindari pemakaian kantong plastik yang belakangan banyak disuarakan masyarakat peduli lingkungan, rupanya menginspirasi siswa kelas XII SMA Kharisma Bangsa Yuke Fadhilah, untuk berinovasi membuat plastik degradable yang cepat hancur.

Plastik degradable ini dibuat Yuke dari tiga bahan utama, yaitu Polyvinylalkohol (PVA), Kitosan yang berasal dari limbah kulit udang dan pati onggok. Pembuatan plastik yang muah teruarai ini berwal dari seringnya ia makan udang tanpa kulit. Ia berpikir memanfaatkan kulit udang yang bisanya terbuang menjadi benda yang bermanfaat.

“Awalnya, di sekolah ada penelitian. Kebetulan saya suka sekali makan udang tanpa kulit. Jadi, saya manfaatkan limbah kulit udang untuk dibuat plastik,” kata Yuke di Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Plastik degradable karya Yuke telah diuji ketahanannya di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), di mana hasilnya menunjukkan bahwa plastik tersebut mampu membawa delapan air mineral dalam kemasan sekaligus. Meskipun berasal dari limbah udang, plastik ini tidak berbau udang. Kantong plastik ini juga bisa digunakan untuk membawa makanan seperti kue-kue atau makanan dalam kemasan.

Untuk menghindari pemakaina plastik biasa yang tidak mudah terurai, Yuke berharap, penemuannya tersebut dapat dimanfaatkan oleh khalayak banyak melalui perusahaan yang ingin mengadopsi teknologi yang ditemukannya.

 

STEVY WIDIA

(Sumber: Antara)